Kompas TV nasional berita kompas tv

Lukman Niode Perenang Legendaris Indonesia Tutup Usia

Kompas.tv - 17 April 2020, 21:30 WIB
lukman-niode-perenang-legendaris-indonesia-tutup-usia
Lukman Niode perenang legendaris Indonesia tutup usia akibat terinveksi virus corona. (Sumber: Twitter Richard Sam Bera)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Berita duka datang dari dunia olahraga Indonesia. Lukman Niode, perenang nasional peraih dua medali emas SEA Games 1983 di Singapura tutup usia.

Lukman Niode mengembuskan nafas terakhir pada pukul 12.58 WIB di Rumah Sakit Pelni, Jumat (17/4/2020).

Pria kelahiran Jakarta, 21 Oktober 1963 itu sempat mengalami koma dan meninggal akibat terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Kabar Duka, IDI Umumkan 7 Dokter Meninggal di Tengah Wabah Virus Corona

Kakak kandung Lukman, Idrus Niode menjelaska awalnya sang adik telah melakukan rapid test sebanyak dua kali dengan hasil negatif. Namun saat menjalani tes swab di RS Pelni, almarhum dinyatakan positif virus corona.

Sejauh ini Idrus sedang mendalami perjalanan Lukman hingga akhirnya terpapar virus corona. 

"Padahal beberapa waktu sebelumnya, dia sudah melakukan dua kali rapid test di RSPI (Rumah Sakit Pondok Indah), dan hasilnya negatif," ujar Idrus, Jumat (17/4/2020). Dikutip dari Kompas.com.

Kabar mengenai kesehatan Lukman sempat diunggah Richard Sam Bera, perenang nasional di era almarhum, pada akun twitter. Richard menuliskan permohonan doa untuk Lukman yang sedang berjuang mempertahankan hidupnya di rumah sakit.

Baca Juga: Panglima TNI Ungkap 55 Prajurit Terinfeksi Corona, 15 Orang Meninggal Dunia

"Mohon doa untuk teman kami, sesama mantan perenang Indonesia, brother Lukman Niode yang sedang berjuang mempertahankan hidupnya di rumah sakit. Semoga dia kuat untuk melewati masa kritis ini dan kembali pulih. Amin," tulis Richard dalam akun Twitter @richardbera pada 15 April 2020.

Dua hari berselang, Richard kembali membuat tulisan di akun Twitter pribadinya yang mengabarkan Lukman Niode, rekan sejawatnya meninggal dunia. 

Mantan atlet renang peraih medali perunggu di Asian Games 1990, turut menyampaikan dukacita setelah mengetahui sahabatnya meninggal.

Baca Juga: Tenaga Medis di DKI Jakarta yang Terinfeksi Corona Bertambah 11, Total ada 95 orang

"Dengan hati sedih, saya mengabarkan meninggalnya sahabat saya -mentor saya, inspirasi saya- perenang legendaris brother Lukman Niode. Beliau meninggal pada siang ini pkl 12.58 di RS Pelni Jakarta. Saya sangat sedih atas kepergiannya. RIP brother," tulis Richard, Jumat (17/4/2020).
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.