Kompas TV regional berita daerah

Sabun Pembunuh Virus dari Kulit Kakao

Kompas.tv - 18 April 2020, 08:17 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Salah satu cara terbaik mencegah penularan virus corona adalah dengan sering cuci tangan. Nah.. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao atau Puslitkoka di Jember, Jawa Timur, berhasil mengembangkan  sebuah produk sabun cuci tangan dari ekstrak limbah kulit buah kakao. Selain ampuh membunuh kuman dan virus, inovasi ini juga ramah lingkungan. Cara membuatnya juga sederhana.

Pertama keringkan kulit buah kakao di bawah terik matahari hingga kadar air hilang. Lalu bakar kulit buah kakao di tungku khusus hingga menjadi bubuk kulit kakao. Kemudian larutkan dan kristalisasi bubuk kulit kakao hingga menghasilkan kristal kalium alami, yakni bahan pembuat sabun.

Bahan tersebut kemudian dicampur dengan bahan lainnya, seperti sodium lauryl sulfat, zat pembersih lemak, EDTA, dan parfum buah-buahan hingga menjadi sabun. Lalu diamkan selama semalam untuk menghilangkan busa dan sabun kulit kakao siap dikemas. Dengan tambahan formula khusus, sabun kulit kakao memiliki kelebihan dapat melembabkan kulit.

Peneliti Bidang Pasca Panen, Hendy Firmanto, mengatakan ide pembuatan sabun kulit kakao berawal dari kekhawatiran akan banyaknya limbah kulit kakao, yang jika dibiarkan akan membusuk dan menyebabkan penyakit.

Baca Juga: Mahasiswa IAIN Produksi Hand Sanitizer Untuk Masyarakat

Direktur Pusat Penelitian Kopi Dan Kakao, Agung Wahyu Susilo, mengatakan dari hasil uji laboratorium, sabun kulit kakao dapat membunuh kuman dan virus penyebab penyakit. Hal ini dikarenakan di dalam kulit buah kakao terdapat senyawa alkali alami atau kalium hidroksida, yang dapat membunuh mikroba, seperti kuman dan virus penyebab penyakit. “Sabun ini sangat pas digunakan saat pandemi covid-19”, ungkap Agus Wahyu Susilo.

Harga sabun kulit kakao cukup terangkau, yakni Rp. 15.000 untuk kemasan isi ulang dan Rp. 36.000 untuk kemasan siap pakai. Aroma sabun kulit kakao juga bervariasi, ada aroma melon, orange dan strawberry. Tergantung dari selera kamu, suka yang mana.

Baca Juga: Cairan Antiseptik Dari Buah Mengkudu

Nah.. bagi kamu yang ingin mendapatkan sabun cuci limbah buah kulit kakao, dapat memesan secara online atau di Galery Puslitkoka Jember.

 

#Sabun #CuciTangan #KulitKakao



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x