Kompas TV regional berita daerah

Kabar Baik, Lansia Kasus 01 di Ciamis Sembuh dari Covid-19

Kompas.tv - 17 April 2020, 19:15 WIB
kabar-baik-lansia-kasus-01-di-ciamis-sembuh-dari-covid-19
Ilustrasi petugas medis berpakaian lengkap dengan alat kesehatan tengah tangani pasien terpapar virus corona (Covid-19) (Sumber: kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot

CIAMIS, KOMPASTV - Kaum lanjut usia (Lansia) menjadi kelompok yang rentan terhadap penularan virus corona (Covid-19). Bahkan di Italia kasus pasien positif Covid-19 yang meninggal kebanyakan dari kaum Lansia. 

Meski begitu, peluang kaum Lansia untuk sembuh dari Covid-19 masih besar. Seperti yang terjadi di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. 

Pasien kasus 01 dengan identitas perempuan berumur 72 tahun ini dinyatakan sembuh setelah dua kali menjalani tes swab yang menunjukkan hasil negatif.

Baca Juga: Kabar Baik, Pasien Sembuh Covid-19 di Indonesia Melebihi Jumlah Kasus Meninggal

"Kabar gembira bagi kami, pasien 01 menurut hasil swab terakhir (kedua) negatif dan dinyatakan sembuh," ujar Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi (PIK) Covid-19 Kabupaten Ciamis Bayu Yudiawan saat dikonfirmasi, Jumat (17/4/2020). Dikutip dari Kompas.com.

Bayu mengatakan, pasien tersebut rencananya pulang dari rumah sakit hari ini. Selanjutnya, pasien akan meneruskan isolasi secara mandiri di rumah.

"Pasien harus rawat jalan untuk penyakit penyerta (stroke dan hipertensi)," kata Bayu.

Sebelumnya, pasien 01 ini diduga tertular Covid-19 dari anaknya yang berasal dari zona merah di Jakarta.

Baca Juga: Terharu! Pasien Sembuh Corona Nyanyikan Lagu Untuk Tenaga Medis

Saat itu, pasien menderita stroke dan dirawat di rumah sakit. Ketika dirawat di rumah sakit, pasien dijenguk oleh anaknya.

Sang anak sempat menginap di rumah sakit untuk menunggu  orangtuanya. Setelah dijenguk anaknya, pasien mengalami gejala mirip Covid-19. 

Di Kabupaten Ciamis terdapat dua pasien positif Covid-19. Bayu menjelaskan pasien 02 saat ini masih menjalani isolasi mandiri di rumah dan kondisi pasien dalam keadaan baik.

Baca Juga: Kabar Baik! Semua Pasien Corona di Aceh Dinyatakan Sembuh

"Pasien 02 termasuk orang tanpa gejala. Setelah tes swab kedua masih positif," ucap Bayu.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x