Kompas TV internasional kompas dunia

Wuhan Revisi Angka Kematian Akibat Virus Corona, Naik 50 Persen

Kompas.tv - 17 April 2020, 21:01 WIB
Penulis : Laura Elvina

WUHAN, KOMPAS.TV - Otoritas kesehatan Kota Wuhan, China, telah merevisi angka kematian akibat virus corona, pada Jumat (17/4/2020).  Associated Press melaporkan, revisi ini dibuat karena ada sejumlah kasus yang tidak tercatat di awal wabah merebak.

Data terbaru menunjukkan, jumlah korban meninggal lebih banyak 50 persen dari data sebelumnya. Total korban meninggal dunia di Wuhan menjadi 3.869 orang. Angka itu naik 1.290 dari catatan sebelumnya, yakni 2.579 orang. 

Kemudian, jumlah kasus secara keseluruhan di Wuhan direvisi menjadi 50.333, dengan tambahan 325 kasus. 

Perubahan ini juga membuat jumlah kasus dan korban meninggal di seluruh China juga meningkat. Jumlah korban meninggal virus corona menjadi 4.632 orang, naik 39 persen dibandingkan data sebelumnya.

Pihak berwenang mengatakan, revisi dibuat setelah memasukkan data pasien yang tidak dirawat di rumah sakit dan meninggal di rumah, karena keterbatasan fasilitas medis di tahap awal wabah corona merebak.

Pada awal 2020, banyak rumah sakit kelebihan beban dan petugas medis sangat sibuk menyelamatkan nyawa pasien. Hal ini menyebabkan keterlambatan dan pengawasan dalam melaporkan kasus.

Baca Juga: China Siap Bantu Indonesia Atasi Corona



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x