Kompas TV nasional berita kompas tv

JPU KPK Buka Whatsapp Terdakwa Suap ke Hasto, Isinya Ada Soal Hasil Rapat Wahyu dan Arief

Kamis, 16 April 2020 | 23:13 WIB
jpu-kpk-buka-whatsapp-terdakwa-suap-ke-hasto-isinya-ada-soal-hasil-rapat-wahyu-dan-arief
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberi keterangan seusai pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (24/1/2020). (Sumber: KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

JAKARTA, KOMPASTV - Terdakwa penyuap eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Saeful Bahri pernah melaporkan hasil rapat dengan Wahyu Setiawan dan Arief Budiman kepada Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Hal ini terungkap JPU KPK membeberkan komunikasi via whatsapp saat persidangan terdakwa Saeful Bahri di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Awalnya JPU KPK Takdir Suhan membacakan isi pesan Saeful kepada Hasto. Dalam percakapan tersebut Saeful ingin bertemu Hasto untuk menjelaskan secara lisan hasil rapat dengan Wahyu dan Arief. 

Baca Juga: Di Persidangan, Hasto Akui Dua Terdakwa Suap Komisioner KPU Kader PDIP

Dalam pesan tersebut Saeful menjelaskan bahwa Wahyu masih dalam melobi soal pengajuan PAW kader PDIP Riezky Aprilia dengan Harun Masiku.

"Kami perlihatkan komunikasi via 'whatsapp' 8 Januari 2020, Saeful menyampaikan 'saya otw ke DPP, saya jelaskan lisan, semalam kami masih meeting dengan Wahyu, ada Mas Arif juga, intinya Wahyu masih dalam lobi itu, surat sudah terbit tapi masih 'on going process' karena kita dia belum sempat 'ngedrop' ke semua komisioner', apakah pernah disampaikan 'chat' ini dari Saeful ke saksi?" ujar JPU KPK Takdir Suhan

Hasto yang dihadirkan menjadi saksi menjelaskan saat menerima pesan tersebut dirinya sedang bertemu dengan Mendagri yang kala itu masih dijabat oleh Tjahjo Kumolo. 

Penulis : Johannes Mangihot





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:57
GELANDANG TIMNAS SKOTLANDIA BILLY GILMOUR POSITIF TERINFEKSI COVID-19 JELANG MELAWAN KROASIA DI EURO 2020   WHO SEBUT VARIAN DELTA DARI COVID-19 AKAN MENJADI JENIS YANG DOMINAN SECARA GLOBAL   PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA NUKLIR (PLTN) MILIK IRAN DI BUSHEHR DITUTUP SEMENTARA SETELAH MENGALAMI MASALAH TEKNIS   WAKIL BUPATI KENDAL, JAWA TENGAH, WINDU SUKO BASUKI, POSITIF TERINFEKSI COVID-19   PENGETATAN PPKM, SELURUH OBYEK WISATA DI PURBALINGGA, JATENG, DITUTUP TOTAL SELAMA SEPEKAN   POLRI-TNI TERJUNKAN 600 PERSONEL BANTU PENANGANAN COVID-19 DI KUDUS, JAWA TENGAH   PEMKOT MAGELANG SEWA HOTEL UNTUK MENAMBAH TEMPAT ISOLASI/KARANTINA PASIEN COVID-19 TANPA GEJALA   SEBANYAK 106 ASN DI SALATIGA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   PPDB SMA DI JAWA TENGAH DIBUKA HINGGA 24 JUNI 2021   SEBANYAK 18 ORANG MENGGUGAT JULIARI BATUBARA MENUNTUT GANTI RUGI PEMBERIAN BANSOS SEBESAR RP 16,2 JUTA   POLISI AKAN SEKAT SEJUMLAH JALAN LAIN YANG MENJADI TEMPAT WARGA BERKERUMUN DI JAKARTA   KABARESKRIM POLRI IRJEN AGUS ANDRIANTO: PASPOR ADELIN LIS DENGAN NAMA HENDRO LEONARDI TERBIT PADA 2017   KOMISI V DPR MINTA KEMENHUB PERKETAT REGULASI TRANSPORTASI GUNA CEGAH PENULARAN COVID-19   KEGIATAN DI TEMPAT IBADAH DITIADAKAN SELAMA MASA PENGUATAN PPKM MIKRO 22 JUNI SAMPAI 5 JULI 2021