Kompas TV regional berita daerah

Robot Bantu Tim Medis Rawat Pasien Covid-19

Kompas.tv - 16 April 2020, 20:00 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SURABAYA, KOMPAS.TV - Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya menyerahkan robot bernama Raisa ke Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya pada Selasa (14/04). Nama Raisa merupakan singkatan dari Robot Medical Assistant ITS Unair.

Robot ini khusus diciptakan untuk melayani pasien covid-19, yang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya.

Rektor ITS Surabaya, Mochammad Ashari mengatakan bahwa robot tersebut memiliki sejumlah kemampuan, yakni mampu bergerak dengan jarak 10 meter, memiliki layar monitor yang terhubung dengan operator.

Layar monitor juga berfungsi mendeteksi langsung suhu tubuh pasien corona. Robot juga memiliki 4 rak yang berfungsi untuk membawa barang kebutuhan pasien.

Baca Juga: ITS Ciptakan Robot Ventilator Untuk Pasien Covid-19

Direktur Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya, Nasronuddin menyambut baik penyerahan robot raisa. Kecanggihan teknologi didalamnya diharapkan mampu mengurangi tugas tenaga medis dalam merawat pasien corona.

Meski tidak bisa menggantikan tugas tenaga medis sepenuhnya, namun alat ini diharapkan mampu mengurangi interaksi antara pasien covid-19 dengan tenaga medis.

Baca Juga: Robot Penyemprot Disinfektan di Tengah Pandemi Covid-19

Robot tersebut selanjutnya langsung dioperasikan di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya.

#Robot #PasienCorona #UnairSurabaya #ITSSurabaya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.