Kompas TV nasional berita kompas tv

Cegah Covid-19, Bayi di RSIA Tambak Dipakaikan APD

Kompas.tv - 15 April 2020, 20:35 WIB
cegah-covid-19-bayi-di-rsia-tambak-dipakaikan-apd
Perawat di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Tambak menggendong bayi yang baru lahir di ruangan Perina di RSIA Tambak, Jakarta Pusat, Rabu (15/4/2020). Bayi yang baru lahir di RS tersebut dipakaikan alat pelindung diri berupa face shield, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Tambak, Jakarta Pusat menerapkan perlindungan terhadap bayi yang baru lahir maupun yang mendapat perawatan dari resiko penularan virus corona (Covid-19).

Bayi-bayi tersebut menggunakan alat pelindung diri (APD) berupa face shield atau pelindung wajah.

Dokter Spesialis Anak RSIA Tambak Eveline P menjelaskan penggunaan face shield pada bayi bertujuan untuk melindungi wajah yang menjadi area paling rentan terpapar virus.

Baca Juga: Solidaritas Lawan Corona, Relawan Menggalang Donasi Untuk APD

Langkah pelindung wajah menjadi pilihan lantaran bayi tidak mungkin menggunakan masker. Penggunaan face shield juga disesuaikan dengan ukuran kepala bayi sehingga bayi tetap nyaman meski memakai APD.

"Ya kita sama-sama tahu bahwa bagian yang terutama terpapar kan saluran pernapasan terus mata, jadi area muka. Nah itu yang kita lindungi, untuk memakai masker itu mungkin lebih sulit pada bayi baru lahir ini," ujar Eveline, Senin (15/4/2020). Dikutip dari Kompas.com

Selain melakukan tindakan pencegahan terhadap bayi para ibu yang ingin melahirkan di RSIA Tambak juga di data dengan baik guna mencegah penularan dari ibu terhadap bayi maupun dari pasien yang ingin melahirkan ke pasien lainnya. 

Disamping itu, kebijakan lain dalam pencegahan penularan Covid-19 tetap dilakukan, seperti memastikan kondisi kesehatan pasien dengan melakukan screening dan penggunaan APD sesuai zona bagi dokter dan petugas kesehatan yang menangani pasien.

Baca Juga: Pulang dari Jakarta, Bayi PDP Corona Alami Gangguan Pernapasan

"Kami berusaha preventif, (walaupun) ibu-ibu yang memang yang melahirkan di sini baik secara normal maupun operasi memang sudah di-screening," ujar Eveline.

Adapun face shiled yang digunakan untuk para bayi di produksi sendiri oleh tenaga medis di RSIA Tambak sesuai kebutuhan.

Sehingga, setiap bayi yang baru dilahirkan ataupun mereka yang melakukan konsultasi kesehatan ke Poli Anak akan mendapatkan pelindung wajah tersebut.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.