Kompas TV nasional breaking news

Jokowi Minta Daerah Re-alokasi dan Fokuskan Anggaran untuk Penanganan Corona

Kompas.tv - 14 April 2020, 11:40 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Hari ini (04/14/20) Presiden Jokowi menggelar Sidang Kabinet dari Istana Bogor membahas Kebijakan Ekonomi Saat Pandemi Corona.

Ada beberapa poin yang disebutkan oleh Presiden Jokowi, yang paling ditekankan adalah soal refocusing dan re-alokasi anggaran.

Seluruh kementerian, lembaga dan Pemerintah Daerah menyisir ulang kembali APBN dan APBD nya.

Jokowi meminta semua untuk memangkas anggaran belanja yang tidak prioritas, potong rencana belanja yang tidak mendesak, seperti perjalanan dinas maupun rapat-rapat.

Semua anggaran diharapkan bisa difokuskan untuk penanganan covid-19. Baik dibidang kesehatan maupun penanganan dampak sosial ekonomi.

Jokowi menyebutkan ada 3 priortitas, kesehatan khususnya covid-19, jaring pengaman sosial dan stimulus ekonomi untuk pelaku UMKM dan pelaku usaha.

Selain itu Jokowi juga menyorot beberapa daerah yang APBD nya masih berjalan seperti biasa tanpa ada anggaran untuk penanganan covid-19.

Ada 103 daerah yang belum menganggarkan jaring pengaman sosial dan ada 140 daerah yang belum menganggarkan pengamanan dampak ekonomi.

Bahkan Jokowi menyebutkan ada 34 daerah yang belum melaporkan data anggaran.

Ia meminta Mendagri dan Menkeu untuk menegur dan membuatkan pedoman bagi pemerintah daerah untuk melakukan re-alokasi anggaran. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.