Kompas TV religi beranda islami

Kalam Hati - Cemburu

Kompas.tv - 17 April 2020, 06:30 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Sebuah pertanyaan dari twitter muncul dihadapan Teman Hati yang dibacakan Yasir Neneama mengenai bolehkah cemburu terhadap pasangan sendiri?

Kang Rashied mengatakan cemburu sesungguhnya adalah bumbu di dalam pernikahan, ibarat sebuah rem yang diperlukan dalam mengatur laju pernikahan namun tetap tidak diperkenankan berlaku berlebihan sehingga dapat mengakibatkan cemburu buta. Sebaliknya bagi mereka yang tidak memiliki rasa cemburu terhadap pasangannya (Dayuts) juga berbahaya.

Oleh karena itu seorang kepala rumah tangga harus memperhatikan keluarganya dengan sebaik-baiknya. Barangsiapa mengetahui ada keburukan pada keluarganya, istrinya atau anaknya, tetapi dia membiarkannya dengan alasan cinta atau lainnya, maka ia adalah dayuts. Dayuts termasuk orang yang tidak akan dilihat oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala pada hari kiamat. Di dalam sebuah hadits disebutkan:

Dari Sâlim bin Abdullah (bin Umar), dari bapaknya, dia (Abdullah) berkata, Rasulullah bersabda,

"Tiga orang yang Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak akan melihat mereka pada hari kiamat: anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya, wanita yang menyerupai laki-laki, dan dayuts". [HR. An-Nasai, no. 2562; Ahmad, no. 6180)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x