Kompas TV regional berita daerah

Kabar Baik, Wali Kota Bogor Bima Arya Sembuh dari Covid-19 dan Boleh Pulang

Kompas.tv - 11 April 2020, 20:40 WIB
kabar-baik-wali-kota-bogor-bima-arya-sembuh-dari-covid-19-dan-boleh-pulang
Wali Kota Bogor Bima Arya dalam sebuah video usai dinyatakan positif Covid-19 atau virus corona. (Sumber: screenshot video.)
Penulis : Tito Dirhantoro

BOGOR, KOMPAS TV - Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, dinyatakan sembuh dari virus corona atau Covid-19. Politikus PAN itu pun sudah diperbolehkan pulang oleh tim dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor.

Bima Arya diketahui menjalani masa perawatan selama 22 hari setelah dinyatakan positif Covid-19 pada Maret lalu.

Direktur RSUD Kota Bogor, Ilham Chaidir, mengatakan Bima Arya telah dinyatakan sehat secara klinis oleh tim dokter dengan pertimbangan-pertimbangan untuk mempercepat pemulihan.

Baca Juga: Bima Arya: Mari Ikuti Pemerintah untuk Tetap Dirumah

Meski sudah diperbolehkan pulang, kata Ilham, Bima masih harus melakukan isolasi mandiri dan tidak boleh melakukan aktivitas di luar rumah selama 14 hari ke depan sesuai dengan prosedur penanganan Covid-19.

"Memang signifikan sekali hasilnya (terus membaik). Isolasi di rumah bisa lebih baik karena lebih rileks sehingga dapat membantu percepatan recovery,” kata Ilham di Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (11/4/2020).

Ilham menambahkan, Bima sudah tidak perlu mendapat pendamping oleh perawat selama menjalani isolasi mandiri di rumah. Bima juga diwajibkan mengonsumsi obat yang sudah disiapkan.

"Isolasi mandiri artinya beliau harus berada di kamar khusus, kemudian harus selalu memakai masker, harus rajin mencuci tangan, istirahat cukup, rileks dan makan makanan bergizi tinggi,” ucap Ilham.

Sementara itu, Bima Arya mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada perawat dan sejumlah pihak yang membantu pemulihannya selama ini. Dirinya juga mengaku kondisinya terus stabil dan membaik.

Baca Juga: Pengakuan Wali Kota Bogor Bima Arya Selama Diisolasi, Membaca dan Menulis Jadi Aktivitas Rutin

“Alhamdulillah, setelah 22 hari dirawat, hari ini tim dokter RSUD membolehkan saya dan salah satu ASN yang dirawat untuk pulang dan melanjutkan isolasi secara mandiri di rumah sambil menunggu hasil swab,” kata Bima.

Sebelumnya, Bima Arya dinyatakan positif corona setelah Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Jawa Barat mengeluarkan hasil tes kesehatannya pada Kamis (19/3/2020) sore.

Di hari itu juga, Bima langsung dijemput oleh tim medis rumah sakit untuk dibawa menjalani perawatan di ruang isolasi khusus di RSUD Kota Bogor.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x