Kompas TV nasional berita kompas tv

Resmi Dibuka Hari Ini, Berikut 3 Tahapan Lengkap Daftar Kartu Prakerja

Kompas.tv - 11 April 2020, 16:43 WIB
resmi-dibuka-hari-ini-berikut-3-tahapan-lengkap-daftar-kartu-prakerja
Ilustrasi: Kartu Pra Kerja. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Pemerintah resmi membuka pendaftaran program Kartu Prakerja pada hari ini, Sabtu (11/4/2020). Untuk menjadi peserta, perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Caranya, bisa melalui online dengan mengunjungi laman resmi www.Prakerja.go.id. Setelah terdaftar, para peserta akan menerima manfaat bantuan uang sebesar Rp 3.550.000 untuk biaya pelatihan dan insentif. 

Namun, ada beberapa syarat untuk mendapat program Kartu Prakerja, yakni Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 18 tahun, dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal.

Dikutip dari laman Prakerja.go.id, program ini diprioritaskan untuk pengangguran muda. Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja, bukan untuk menggaji pengangguran.

Tahapan Pendaftaran

Ada tiga tahapan yang bisa dilakukan bagi calon peserta agar terdaftar. Pertama, membuat akun terlebih dahulu.

Baca Juga: Duit Rp 3,55 Juta Akan Terima Peserta Kartu Prakerja

Caranya, masuk ke situs www.prakerja.go.id dan pilih daftar. Selanjutnya, calon peserta diminta memasukkan nama lengkap, alamat email dan kata sandi baru.

Setelah itu, cek email dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuknya untuk konfirmasi akun email. Usai konfirmasi akun email berhasil, kembali ke situs Prakerja.

Tahap kedua, yakni mengisi data diri. Caranya, masuk ke akun dengan alamat email dan kata sandi yang baru saja dibuat. 

Setelah memasukkan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik "Berikutnya". Calon peserta diminta mengisi data diri lengkap seperti nama, alamat email, alamat tempat tinggal dan domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan foto selfie dengan KTP.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x