Kompas TV kolom opini

Menuju Zaman Baru

Kompas.tv - 10 April 2020, 15:03 WIB
menuju-zaman-baru
Ilustrasi kota (Sumber: Pixabay)

Oleh Trias Kuncahyono

Sejarah menceritakan bahwa wabah adalah faktor kunci mundurnya Zaman Purbakala dan lahirnya Abad Pertengahan (Lester K Litte; 2007). Dengan kata lain, wabah telah menjadi salah satu unsur yang mendorong terjadi perubahan zaman.  

Wabah Justinian (terjadi di zaman Kaisar Justinius berkuasa di Kekaisaran Romawi Timur abad ke-6) menjadi titik awal kemunduran Kekaisaran Romawi—yang nantinya akan digantikan oleh Kekhalifahan Utsmaniyah (Ottoman) Turki--karena merosotnya perekonomian yang berbuntut ke pelemahan kekaisaran. 

Walter S Zapotoczny  (2006) menulis, Black Death wabah penyakit yang terjadi delapan abad setelah wabah Justinian sangat mempercepat perubahan sosial dan ekonomi selama abad ke 14 dan 15.

Selain itu juga  menjadi penyebab pecahnya pemberontakan petani di banyak bagian Eropa, seperti Perancis (pemberontakan Jacquerie, 1358) dan di Italia (pemberontakan Ciompi, 1378, yang melanda kota Florence).

Salah satu kelompok yang paling menderita adalah Gereja, yang di zaman itu sangat berpengaruh. Mereka kehilangan prestise, otoritas spiritual, dan kepemimpinan atas rakyat, ketika orang-orang beralih ke mistisisme. 

Gereja menjanjikan penyembuhan, perawatan, dan penjelasan tentang wabah itu. Mereka mengatakan itu adalah kehendak Tuhan, tetapi alasan hukuman yang mengerikan ini tidak diketahui. Orang-orang menginginkan jawaban, tetapi tidak ada jawaban. Orang-orang berdoa kepada Tuhan dan memohon pengampunan. 

Setelah wabah berakhir, penduduk desa yang marah dan frustrasi mulai memberontak melawan Gereja. Para penyintas juga marah pada dokter, yang mengatakan mereka bisa menyembuhkan pasien, tetapi ternyata tidak. Segera setelah letusan Black Death terjadi perubahan.

Struktur ekonomi berbasis lahan bergeser. Kekayaan dalam bentuk uang, keterampilan, dan jasa layanan muncul. Kota-kota kecil mulai tumbuh berkembang, sementara perkebunan besar dan kecil mulai runtuh. 

Struktur sosial, ekonomi, dan politik yang sangat Eropa diubah selamanya. Feodalisme berakhir dan mengubah arah sejarah di Eropa. 

Menuju Zaman Baru?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x