Kompas TV nasional berita kompas tv

[FULL] Penjelasan Dishub Soal Transportasi Umum Selama PSBB: Boleh Beroperasi, Tapi...

Jumat, 10 April 2020 | 12:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai hari ini (10/04) sampai 14 hari ke depan.

Telah diterbitkan Peraturan Gubernur nomor 33 tahun 2020 yang mengatur PSBB di Jakarta.

Beberapa hal perlu diperhatian sebagai aturan-aturan selama PSBB berlangsung, salah satunya adalah pembatasan dalam transportasi umum.

Untuk operasional angkutan umum dalam trayek tetap dan teratur seperti KRL, MRT, LRT dan Transjakarta, dimulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB, dengan memprioritaskan jumlah penumpang di dalam kereta maupun bus.

Layanan Transjakarta dengan single bus yang dalam kondisi normal bisa mengangkut hingga 86 penumpang, kini hanya bisa mengangkut 50 persen dari total semula yakni sekitar 40 penumpang.

Sementara untuk MRT dan KRL maksimal hanya boleh mengangkut 360 penumpang, sehingga disesuaikan dengan jumlah gerbong masing-masing yang diperkirakan hanya mengangkut 60 penumpang.

"Mulai hari ini sudah dilakukan penyesuaian kapasitasnya, yaitu 60 penumpang per gerbong. Sehingga jika ada 10 rangkaian perjalanan dalam satu kereta, satu rangkaian, maka total yang bisa diangkut hanya 600 penumpang. Kemudian juga LRT sudah disesuaikan, maksimum hanya 40 penumpang per gerbong," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, dalam konferensi pers (10/04).

Syafrin menambahkan, pengecualian diberikan untuk angkutan tidak dalam trayek, yakni tidak berlaku pembayasan jam operasional.

Editor : Reny Mardika



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:44
PANDEMI KORONA, PEMKAB PROBOLINGGO WAJIBKAN PABRIK SEDIAKAN RUMAH SEHAT   KPU USUL PERPPU BARU PILKADA ATUR KONSER KAMPANYE SECARA DARING   KEMENHUB SEBUT SANKSI BAGI PESEPEDA YANG LANGGAR ATURAN AKAN DITENTUKAN PEMDA   PEMKOT SURAKARTA RENOVASI BERTAHAP LAPANGAN PENDUKUNG UNTUK LATIHAN TIM PESERTA PIALA DUNIA U-20 PADA 2021   PEMKAB GARUT SIAPKAN PEMAKAMAN UMUM DI KAMPUNG SANTIONG UNTUK JENAZAH PASIEN POSITIF COVID-19   BEA CUKAI KANWIL BANTEN SITA 3,32 JUTA BATANG ROKOK ILEGAL   KOMISI X DPR: SEJARAH HARUS TETAP JADI MATA PELAJARAN WAJIB BAGI SISWA DI SEKOLAH   BKKBN APRESIASI PROGRAM INOVASI POSYANDU KELUARGA YANG DIMILIKI PEMPROV NUSA TENGGARA BARAT   PANDEMI KORONA, GUBERNUR JATIM SIAPKAN PEMBENTUKAN RUMAH SAKIT LAPANGAN DI MALANG    TINGKATKAN PENDAPATAN PETANI, PEMKAB MALANG, JATIM, DORONG INOVASI DI SEKTOR PERTANIAN   2 PEDAGANG POSITIF COVID-19, PEMKAB TEGAL TUTUP SEMENTARA PASAR TRAYEMAN SLAWI SELAMA 3 HARI    PILKADA 2020, KETUA DPR MINTA KPU DAN BAWASLU SOSIALISASIKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 SECARA RINCI DAN MASIF   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL