Kompas TV nasional berita kompas tv

Kontribusi Glenn Fredly pada HAM, Dari Kasus Munir Sampai GKI Yasmin

Kompas.tv - 9 April 2020, 16:20 WIB
kontribusi-glenn-fredly-pada-ham-dari-kasus-munir-sampai-gki-yasmin
Penyanyi Glenn Fredly bernyanyi saat konser Musika Foresta di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu (13/5/2017). Konser Musika Foresta ini bertujuan mengenalkan dan mendekatkan generasi muda kepada hutan-hutan di Indonesia melalui lagu dan kolaborasi para musisi Tanah Air. (Sumber: KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras), Yati Andriyani, mengungkapkan sejumlah kontribusi dan keberpihakan Glenn Fredly terkait kemanusiaan.

Di mata KontraS dan Yati pribadi, Glenn Fredly merupakan sosok musisi yang peduli pada hak asasi manusia atau HAM. 

"Bagi kami di Kontras, Glenn Fredly adalah sosok musisi yang sangat jelas keberpihakannya dan kontribusinya pada kemanusiaan dan hak asasi manusia," kata Yati ketika dihubungi pada Kamis (9/4/2020).

Baca Juga: Keluarga Ungkap Kronologi Meninggalnya Glenn Fredly karena Menderita Meningitis

Yati mengatakan, Glenn memberikan dukungan untuk penuntasan kasus pembunuhan aktivis HAM, yaitu Munir Said Thalib.

Selain dukungan, kata dia, Glenn juga terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang digelar untuk menagih janji pemerintah dalam menyelesaikan kasus tersebut.

"Termasuk hadir dalam siaran pers mengenai peresmian Munirpad dan berpartisipasi saat Omah Munir didirikan," ujar Yati.

Tak hanya itu, Glenn juga mendatangi dan memberikan dukungan kepada keluarga korban penghilangan paksa tahun 1997/1998.

Dukungan tersebut langsung diberikan Glenn kepada orang tua korban yang masih menunggu kejelasan tindak lanjut kasus dari pemerintah.

"Dengan sukarela dan suka hati, ia bersama kami mengunjungi orang tua Bimo Petrus di Malang, Ucok Munandar Siahan di Depok untuk menunjukan dukungannya kepada keluarga korban," ucap Yati.

Belum cukup sampai di situ, Glenn juga ikut memberikan dukungan kepada jemaah GKI Yasmin, di Bogor yang mendapat penghadangan untuk melakukan ibadah.

Baca Juga: Sebelum Meninggal, Glenn Fredly Sempat Galang Dana untuk Lawan Corona

Selain itu, ia juga ikut mengisi sekolah HAM Kontras (SEHAMA) melalui musik dan pandangannya terkait pentingnya masyarakat untuk menyuarakan HAM.

"Pentingnya keterlibatan anak muda dan masyarakat dalam promosi atau menyuarakan hak asasi manusia apapun latar belakangnya," kata Yati.

Seperti diketahui, penyanyi Glenn Fredly meninggal dunia di Rumah Sakit Setia Mitra, Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (8/4/2020). Glenn meninggal karena mengidap penyakit meningitis.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.