Kompas TV olahraga kompas sport

Wabah Virus Corona Ganggu Persiapan Piala Dunia U-20, PSSI Tunggu Arahan FIFA

Kompas.tv - 9 April 2020, 15:55 WIB
wabah-virus-corona-ganggu-persiapan-piala-dunia-u-20-pssi-tunggu-arahan-fifa
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (Sumber: instagram@officialpssi)
Penulis : Haryo Jati

KOMPAS.TV - Persiapan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk Piala Dunia U-20 2021 terganggu wabah virus Corona di Indonesia.

Salah satunya adalah penyelesaian venue-venue yang akan digunakan. Berdasarkan timeline, April sudah mulai ada pembangunan.

Tapi pandemi saat ini membuat hal itu sulit untuk dilakukan. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengungkapkan itu menjadi salah satu kendala utama, saat rapat dengar pendapat umum dengan Komisi X DPR RI, Rabu (8/4/2020).

Baca Juga: Hasil Tes Swab Virus Corona Asisten PelatihTimnas Indonesia Gong Oh-kyun Negatif

“Hingga saat ini, FIFA belum menentukan apakah menunda atau tetap melaksanakan Piala Dunia U-20 pada tahun 2021. Kami akan menunggu perkembangannya serta arahan dari FIFA dan pemerintah,” ujarnya di laman resmi PSSI.

“Memang, kalau nanti pandemi Corona sampai bulan September 2020, sehingg mungkin otomatis pembangunan serta renovasi stadion-stadion yang memenuhi stadart FIFA belum dilakukan. Ini menjadi pertimbangan kami nanti,” katanya.

FIFA sebelumnya membatalkan rencana melakukan peninjauan ke venue-venue yang akan digunakan karena wabah Corona. Namun, Iriawan menegaskan pihaknya terus berkomunikasi dengan Federasi Sepak Bola Dunia tersebut.

“PSSI sudah bersurat ke FIFA terkait Piala Dunia U-20 2021. Ada enam dari 11 venue stadion untuk pelaksanaannya. Direncanakan FIFA akan datang ke Indonesia akhir Maret lalu, tapi karena situasi pandemi virus Corona (Covid-19) mereka tidak jadi datang,” tutur pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Iriawan pun berharap pandemi ini bisa segera berakhir sehingga persiapan untuk ajang internasional tersebut bisa segera dilakukan.

“Semoga pandemi virus corona segera berakhir dan PSSI bersama pemerintah dapat segera melaksanakan berbagai persiapan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021,” tuturnya.

“Kami juga telah mengirimkan dokumen semua stadion yang sudah kita cek ke FIFA, nantinya hanya enam stadion yang terpilih sebagai venue Piala Dunia U-20 2021,” sambungnya.

Baca Juga: Tunda Peluncuran Jersey Baru Timnas, PSSI Sumbang 1000 APD Untuk Bantu Tenaga Medis

Pada bulan Februari hingga Maret 2020, Ketua Umum PSSI bersama jajaran sudah melakukan pengecekan terhadap seluruh venue yang akan digunakan.

Venue tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Patriot Candrabhaga (Bekasi), Pakansari (Bogor), Wibawa Mukti (Bekasi), Jalak Harupat (Bandung), Gelora Sriwijaya (Palembang), Mandala Krida (Yogyakarta), Manahan (Solo), I Wayan Dipta (Bali), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Utama Riau (Pekanbaru).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x