Kompas TV bisnis kompas bisnis

Belanja Kebutuhan Dapur di Pasar Tradisional Kini Bisa Melalui Online!

Kompas.tv - 9 April 2020, 14:16 WIB

KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, bekerja sama dengan Perumda Pasar Jaya, menawarkan solusi berbelanja dari rumah sebagai langkah pemutusan penyebaran Covid-19. 

Puluhan pasar di sejumlah wilayah DKI Jakarta, akan melayani sistem pesan antar untuk mempermudah warga berbelanja kebutuhan dapur.

Semakin masifnya penyebaran Covid-19 di Indonesia membuat pemerintah tegas mengimbau masyarakat agar tetap berada di rumah.

Salah satu yang membuat khawatir adalah apakah pembatasan pergerakan ini tetap membuat masyarakat bisa memenuhi keperluan dapur sehari-hari.

Jurnalis Kompas TV, Dian Silitonga mencoba berbelanja kebutuhan dapur lewat sistem pesan antar yang dilakukan Pasar Palmerah, Jakarta Barat. Caranya cukup mudah dan bisa ada lakukan dari rumah.

Cukup dengan membuka media sosial instagram milik Perumda Pasar Jaya, kemudian pilih pasar yang terdekat dengan tempat anda tinggal.

Di sana akan tertera kontak pribadi pedagang di pasar yang dituju, baik pedagang bahan pokok, daging, maupun sayur mayuryang siap menerima panggilan anda melayani sistem pesan antar. 

Ada baiknya pesanan dilakukan 1 hari sebelumnya untuk memudahkan pedagang mempersiapkan belanjaan anda sehingga bisa mengirimkan tepat waktu.

Pedagang sebenarnya menyediakan jasa kurir.  Tapi kalau ingin mempercepat waktu pengiriman barang, anda bisa menggunakan jasa ojek online.

Salah satu pedagang yang mencoba mencari celah dari pesanan daring ini adalah Harsini.

Ia mengaku sedikit kewalahan melayani pembeli lewat sistem pesan antar ini tak hanya karena permintaan yang meningkat signifikan tetapi juga karena ia tidak terlalu mafhum dengan teknologi. 

Meski ia tetap berharap kondisi bisa segera membaik agar ia bisa berjualan dengan cara tradisional yang menurutnya lebih mudah.

Anda punya dua pilihan yakni melalui transfer ke rekening pedagang atau bayar langsung tunai melalui kurir yang dikirimkan pedagang.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x