Kompas TV nasional berita kompas tv

Anies Kembali Ingatkan Warga Jakarta Ada Peningkatan Patroli Saat PSBB Berlangsung

Kompas.tv - 8 April 2020, 19:20 WIB
anies-kembali-ingatkan-warga-jakarta-ada-peningkatan-patroli-saat-psbb-berlangsung
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keterangan pers terkait corona di Balai Kota, Jakarta, (14/3/2020) (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan akan ada peningkatan patroli saat Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) yang berlangsung pada Jumat, 10 April 2020 pukul 00.00 WIB.

Peningkatan patroli ini untuk memastikan masyarakat disiplin menjalankan aturan dalam PSBB di DKI Jakarta. Yakni mencegah adanya kerumunan warga. 

Pemprov DKI Jakarta membuat aturan untuk tidak mengizinkan adanya kerumunan di atas lima orang. Kegiatan di luar dibatasi maksimal lima orang. Anies memastikan akan ada tindakan tegas bagi warga yang membandel.

Baca Juga: Warga Berharap PSBB Diterapkan dengan Baik dan Memiliki Sanksi Tegas Bagi Pelanggar

"Seluruh jajaran DKI bersama Polisi dan TNI akan patroli untuk memastikan seluruh masyarakat mentaati," ujar Anies saat jumpa pers di Balai Kota, Rabu (8/3/2020)

Anies menambakan aturan dalam PSBB di Jakarta bertujuan membatasi interaksi masyarakat. Ia kembali mengingatkah penyebaran virus corona menular dari orang ke orang. Jika interaksi antar orang itu terus berjalan maka akan sulit memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Anies menambahkan aturan dalam PSBB di Jakarta yang membatasi interaksi bukan pertama kali dilakukan. Sejak 100 tahun lalu ketika terjadi wabah flu Spanyol atau pendemi flu 1918, sejumlah kota yang memiliki kasus melakukan pembatasan secara serius dan warga melaksanakan dengan disiplin. 

Alhasil tingkat fatalitas kasus rendah dibanding kota yang membiarkan kegiatan interaksi berjalan terus dengan case fatality rate tinggi.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini yang Dilarang dan Tidak saat PSBB di Jakarta

"Kita sudah belajar dari situ, kita jangan mengulang. Karena itu saya mengajak warga Jakarta untuk mengambil tanggung jawab dengan cara menjaga jarak berada di rumah, cuci tangan, pakai masker dan kalau itu kita kerjakan, insya Allah bisa menekan laju penularan virus corona," ujar Anies.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x