Kompas TV regional berita daerah

Sungai Meluap, 40 Rumah Warga Kebanjiran

Kompas.tv - 8 April 2020, 18:59 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Hujan deras selama 2 jam lebih mengakibatkan aliran sungai meluap ke ruas jalan dan meredam permukiman warga di Kabupaten Jember Jawa Timur pada Senin sore (06/04). Peristiwa ini sempat membuat warga panik menyelamatkan harta benda.

Banjir luapan air sungai dan selokan tepatnya terjadi di Dusun Gayam Desa Rambigundam Kecamatan Rambipuji. Luapan air sungai sempat membuat panik warga, karena air datang secara tiba-tiba dengan ketinggian 50 sentimeter lebih.

Warga langsung menyelamatkan harta benda, karena air masuk ke dalam rumah dan merendam perabotan rumah tangga. Sejumlah warga harus menutup rumah mereka dengan potongan pohon pisang, agar air tidak masuk ke dalam rumah. Air juga merendam sejumlah ruas jalan hingga aktivitas terganggu.

Dari data Pemerintah Desa Rambigundam, ada 40 lebih rumah warga yang terendam banjir. Banjir di kawasan ini seringkali terjadi saat curah hujan tinggi. Saluran air yang ada mengalami pendangkalan, sehingga tidak mampu lagi menampung debit air. Pemerintah desa berharap ada bantuan dari Pemerintah Daerah untuk normalisasi saluran air.

Banjir juga terjadi di sejumlah ruas jalan protokol Kota Jember, yakni Jalan Brawijaya, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Gajah Mada Kecamatan Kaliwates dan Kawasan Kampus Universitas Jember.

#BanjirRendamRumah #SungaiMeluap #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x