Kompas TV nasional berita kompas tv

Kominfo Prediksi Lonjakan Traffic Selular Saat Lebaran Naik Hingga 40 Persen

Kompas.tv - 8 April 2020, 17:17 WIB
kominfo-prediksi-lonjakan-traffic-selular-saat-lebaran-naik-hingga-40-persen
Johnny G. Plate menghadiri Rapat Agenda DPR (Sumber: ADRISTYA CHINTIA DEWI/KOMPASTV)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Kenaikan traffic selular atau lalu lintas data saat lebaran diprediksi mencapai 40 persen. Hal itu diperkuat dengan adanya kebijakan pemerintah kepada masyarakat untuk melaksanakan Work From Home atau bekerja di rumah sebagai upaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Menteri Komunikasi dan informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate mengakui akan adanya lonjakan lalu lintas data antara 30 sampai 40 persen saat lebaran nanti. 

Baca Juga: Menkominfo: Ada 474 Hoaks Terkait Virus Corona Covid-19

Menurutnya, lonjakan tersebut meningkat 10 persen dari hari raya biasa saat tidak ada wabah Covid-19 di Indonesia. Meski begitu, Johnny memastikan bahwa ketersediaan Bandwidth dari operator seluler masih cukup sehingga Pemerintah belum memikirkan untuk menambah ketersediaan Broadband atau jangkauan frekuensi di Indonesia.

Saat ini, lanjut Johnny, pihaknya sedang bekerja bersama-sama dengan operator seluler untuk mengantisipasi kenaikan trafik yang besar di hari bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri nanti.

Ia juga meminta kepada seluruh operator untuk tetap menjaga kualitas jaringan di tengah krisis pandemi ini.

"Kami juga bersama operator seluler memastikan terjaganya bandwidth yang cukup hingga saat ini Bandwidth. Kita belum ada kenaikan yang terlalu luar biasa, masih di dalam kendali dan kapasitas broadband yang tersedia," ujar Johnny dalam keterangan resminya di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Baca Juga: Pasien Positif Corona Bisa Dilacak Lewat Ponsel, Begini Penjelasan Menkominfo

Sebelumnya dalam rapat virtual dengan Komisi I DPR RI, Selasa, Kemenkominfo menyatakan peningkatan arus lalu lintas selama periode bekerja di rumah masih berada dalam kapasitas penyedia operator seluler.

Adapun peningkatan selama periode ini terjadi kenaikan 5 hingga 10persen dan itu pun jauh dari kenaikan lalu lintas data pada saat lebaran tahun lalu yang mencapai 20 hingga 30 persen.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x