Kompas TV regional berita daerah

Atasi Kekurangan Darah Di PMI, Anggota TNI Serentak Lakukan Donor Darah

Kompas.tv - 8 April 2020, 15:23 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Pasca berkurangnya stok darah di PMI baik kota makassar maupun disulawesi selatan  ratusan prajurit TNI angkatan darat dari KODAM XIV Hasanuddin melakukan aksi donor darah secara serentak di kesatuan masing-masing, dan diantaranya dilakukan dimarkas batalyon raider 700 wira yudha cakti. satau persatu para persone tni ini diperiksa sebelum melakukan donor darah.

Walaupun dalam situasi pandemi Covid-19, pelaksanaan donor darah yang dilakukan oleh para prajurit Kodam XIV Hasanuddin harus mengikuti protokol kesehatan yakni jaga jarak (physical distancing) dan memakai masker.

Kapendam XIV Kolonel Inf Maskun Nafik disela-sela meninjau pelaksanaan donor darah di Markas Yonif Raider 700/Wira Yuda Cakti, Jl. Perintis Kemerdekaan, Makassar, Sulawesi Selatan (06/04/2020), bahwa donor darah para prajurit tersebut merupakan salah satu sumbangsihnya kepada masyarakat khususnya di wilayah Kodam XIV Hasanuddin yang meliputi tiga wilayah provinsi, yakni Sulsel, Sultra dan Sulbar.

"Satuan-satuan yang menggelar donor darah untuk wilayah Makassar, selain , Yonif Raider 700/Wira Yudha Cakti, juga Kodim 1408/BS Makassar dan Yonkav 10/Mendagiri, wilayah Maros, Yonzipur 8/Sakti Mandra Guna yang bermarkas di Sakeang" ujar Kolonel Maskun.

"Korem-Korem juga melaksanakan donor darah di wilayahnya masing-masing bekerja sama dengan PMI atau UTD" tambahnya.

Menurut Kolonel Maskun, Kodam Hasanuddin membantu PMI karena stok bank darah berkurang, sehingga dilakukan donor darah dengan harapan stok darah di PMI dapat terjaga.

Kapendam Kolonel Maskun menjelaskan, Pelaksanaan donor darah yang dilaksanakan oleh empat satuan menghasilkan ratusan kantong darah masing - masing di Kodim 1408/BS sebanyak 100 kantong, di Yonif Raider 700/Wira Yudha Cakti sebanyak 65 kantong, di Yonkav 10/Mendagiri sebanyak 41 kantong dan di Yonzipur 8/Sakti Mandra Guna sebanyak 140 kantong.

Untuk setiap satuan ditargetkan 50 kantong darah, dan untuk di bawah naungan kodam 14 hasanuddin ada 5 satuan yang menggelar aksi donor darah tersebut, meski demikian para anggota tni ini tetap menjaga physical distancing.
#COVID19
#TNIDONORDARAH
#KODIM1408BS



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x