Kompas TV nasional sapa indonesia

Tanya-Jawab Covid-19: Apakah Orang Yang Sudah Sembuh dari Covid-19 Benar-Benar Sembuh Total?

Kompas.tv - 8 April 2020, 13:30 WIB

KOMPAS.TV - Apakah anda sudah mengetahui pasti tentang virus Corona atau Covid-19?

Dokter Spesialis Anestesi, dr. Setiadi Suroyo akan membantu tim Kompas TV untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar Virus Corona.

Terkait, banyaknya pertanyaan apakah orang yang sudah sembuh dari covid-19 ini benar-benar akan sembuh total atau bisa rentan terkena penyakit yang lain?

Virus ini diketahui cepat sekali bermutasi, namun apabila pasien sudah sembuh dan kekebalannya terus meningkat maka tidak akan terinfeksi kembali.

Namun, jika virus ini bermutasi dan imunitas tubuh nya menurun maka ada kemungkinan bisa terkena lagi.

Tapi, tetap saja baik yang sudah sembuh ataupun yang tidak terinfeksi tetap harus sama-sama waspada karena virus ini bisa menyerang siapa saja.

Khusus untuk pasien yang harus dirawat secara intensif dengan tingkat penyakit yang terhitung sudah berat, namun ada beberapa penderita yang fungsi paru nya sekitar 15-20% mengalami gangguan pada paru-parunya, namun untuk organ lain masih belum diketahui karena belum ada studinya. 

Pasalnya, studi tentang virus ini memang masih tergolong baru.  

Tetap harus diingat jika pola penyebaran corona yang dari human to human (manusia ke manusia melalui kontak fisik dan droplet) maka, kita tetap diwajibkan untuk menjaga jarak baik itu social distancing maupun physical distancing.

Sehingga, menyemprot dengan disinfektan dan berjemur di bawah sinar matahari tetap belum cukup untuk mencegah corona jika tidak dibarengi dengan melakukan physical distancing.

Selain itu, masyarakat menilai masih perlu adanya sosialisasi terkait bagaimana penyebaran corona kepada anak-anak ataupun orang dewasa.

Masyarakat juga masih memerlukan sosialisasi terkait pemeriksaan dan sistem rujukan rumah sakit.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x