Kompas TV nasional sapa indonesia

Tanya-Jawab Covid-19: Antara Disinfektan dan Berjemur, Lebih Efektif Mana?

Selasa, 7 April 2020 | 13:21 WIB

KOMPAS.TV - Apakah Anda sudah mengetahui pasti tentang virus Corona atau Covid-19?

Dokter Spesialis Penyakit Paru, dr. Jaka Pradipta yang akan membantu tim Kompas TV untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar Virus Corona.

Baca Juga: Tanya-Jawab Covid-19 : Jika Terdapat Tanda-Tanda Gejala Covid-19, Apa Yang Harus Dilakukan?

Terkait, banyaknya pertanyaan mengenai seberapa efektifnya penyemprotan disinfektan dengan berjemur di bawah sinar matahari, dr Jaka menyebutkan jika virus corona ini penyebarannya secara human to human.

Baik disinfektan ataupun berjemur, keduanya sama-sama merupakan upaya mengurangi pola penyebaran dengan membasmi yang ada di lingkungan.

Namun, keduanya tidak serta-merta dijadikan kunci pencegahan corona.

Baca Juga: Tanya-Jawab Covid-19 : Apa Gejala Spesifik Dari ODP Yang Kemudian Menjadi PDP dan Positif Corona?

Tetap harus diingat jika pola penyebaran corona yang dari human to human (manusia ke manusia melalui kontak fisik dan droplet) maka, kita tetap diwajibkan untuk menjaga jarak baik itu social distancing maupun physical distancing.

Sehingga, menyemprot dengan disinfektan dan berjemur di bawah sinar matahari tetap belum cukup untuk mencegah corona jika tidak dibarengi dengan melakukan physical distancing.

Baca Juga: Masuk Pekalongan, Pemudik Harus Cek Kesehatan dan Disemprot Disinfektan

Editor : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:08
PM INDIA NARENDRA MODI JAMIN KAPASITAS PRODUKSI VAKSIN VIRUS KORONA TAK AKAN TERBATAS DAN EKSKLUSIF   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN SEBUT SEKTOR PARIWISATA DIFOKUSKAN UNTUK WISATAWAN DOMESTIK HINGGA AKHIR 2020   KEMENTERIAN ESDM OPTIMISTIS TARGET 1 JUTA PEMASANGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA ATAP TERCAPAI   KEMENTERIAN ESDM DORONG PENGEMBANGAN PROGRAM “RENEWABLE ENERGY BASED INDUSTRY” MELALUI PLTA SKALA BESAR   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO DUKUNG KONSER DANGDUT YANG DIGELAR WAKIL KETUA DPRD KOTA TEGAL DIPROSES HUKUM   POLRI COPOT KAPOLSEK TEGAL SELATAN TERKAIT KONSER DANGDUT YANG DISELENGGARAKAN WAKIL KETUA DPRD TEGAL   IMBAS MUNDURNYA SEJUMLAH PEGAWAI, PIMPINAN KPK AKAN MELAKUKAN EVALUASI SISTEM KEPEGAWAIAN KPK   WAKIL KETUA KOMISI III DPR AHMAD SAHRONI MEMINTA MUNDURNYA SEJUMLAH PEGAWAI KPK TAK PERLU DIBESAR-BESARKAN   BALEG DPR SEBUT SANKSI PIDANA TAK DIBAHAS DALAM KLASTER KETENAGAKERJAAN RUU CIPTA KERJA   KONTRAS KECAM PENGANGKATAN DUA ANGGOTA EKS TIM MAWAR SEBAGAI PEJABAT KEMENHAN   GEDUNG DITUTUP SELAMA TIGA HARI, BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA TEGASKAN TAK ADA PEGAWAI POSITIF COVID-19   IKATAN DOKTER INDONESIA SEBUT HINGGA SAAT INI TERDAPAT 123 DOKTER MENINGGAL DUNIA SELAMA PANDEMI   JADI KLASTER COVID-19, PEMKAB BANYUMAS AKAN MELAKUKAN TES USAP TERHADAP SANTRI DI SEMUA PONDOK PESANTREN   SEKOLAH TATAP MUKA MASUK TAHAP FINALISASI, WALI KOTA SURABAYA SEBUT GURU & SISWA HARUS MELAKUKAN TES USAP