Kompas TV klik360 cerita indonesia

Menkes Setujui Usulan Anies Untuk Terapkan Status PSBB di Jakarta

Selasa, 7 April 2020 | 11:52 WIB

JAKARTA, KOMPASTV – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto akhirnya menyetujui usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menetapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Provinsi DKI Jakarta.

Status PSBB ini dilakukan untuk demi menangani wabah virus Covid-19.

Surat persetujuan PSBB tersebut telah ditanda tangani Terawan pada Senin malam (6/4/2020).

Salah satu yang menjadi alasan Menkes menyetujui hal tersebut adalah karena pertimbangan kesehatan. Jakarta adalah episentrum terbesar dari persebaran Covid-19.

Baca Juga: Sumbar Denda Warganya Yang Tak Pakai Masker

"Bukan hanya pertimbangan Kemenkes, tapi pertimbangan Gugus Tugas. Itu aspeknya banyak, pertama pasti aspek kesehatan, nomor satu itu," ujar Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kemenkes Busroni saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/4/2020).

Penerapan status PSBB ini telah diatur di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020, sebagai salah satu cara untuk mengatasi wabah pandemi Covid-19 atau virus corona.

Untuk langkah berikutnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipersilahkan secara resmi untuk menetapkan status PSBB sesuai dengan kemampuan daerah.

Adapun PSBB adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi virus disease 2019 (covid019) sedemikian rupa, untuk mencegah penyebarannya.

Pembatasan berupa peliburan sekolah dan tempat kerja, kegiatan keagamaan, kegiatan di tempat umum, kegiatan sosial budaya, dll.

Penulis : Abdur Rahim




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:10
DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKI: UJI EMISI SEPEDA MOTOR SECARA MASIF MASIH DALAM TAHAP PERSIAPAN   KETUA KOMISI D DPRD DKI IDA MAHMUDAH DUKUNG RENCANA PEMPROV GUNAKAN RTH SEBAGAI TEMPAT PENAMPUNGAN AIR SAAT BANJIR   DAPAT 33.400 VAKSIN COVID-19 TAHAP 2, DINKES DEPOK TARGETKAN GELOMBANG PERTAMA RAMPUNG SEBULAN   RSD WISMA ATLET KEMAYORAN PER 4 MARET 2021 RAWAT 4.464 PASIEN COVID-19   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN GANDENG TNI-POLRI UNTUK PERCEPAT VAKSINASI COVID-19   WAPRES MA'RUF AMIN: REKRUTMEN ASN 2021 BUKA LOWONGAN 1,3 JUTA FORMASI, DIBUKA SESUAI KEBUTUHAN INSTANSI PEMERINTAH   MENKO PEREKONOMIAN: PEMERINTAH KAJI PEMBENTUKAN "BULLION BANK" UNTUK KELOLA KOMODITAS EMAS   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO OPTIMISTIS EKONOMI RI TUMBUH CAPAI 5,3 PERSEN TAHUN INI   PRESIDEN JOKOWI APRESIASI TNI, POLRI, SATGAS, HINGGA PEMDA YANG TELAH BEKERJA KERAS MENANGANI PANDEMI COVID-19   PRESIDEN JOKOWI: RISET DAN INOVASI YANG DIHASILKAN OLEH PERGURUAN TINGGI HARUS BISA BERMANFAAT UNTUK MASYARAKAT   KPU SEBUT SUDAH KLARIFIKASI KEWARGANEGARAAN BUPATI TERPILIH SABU RAIJUA KE DISDUKCAPIL KOTA KUPANG   KETUA KOMISI II DPR AHMAD DOLI KURNIA NILAI RUU PEMILU DIPERLUKAN UNTUK SEMPURNAKAN SISTEM POLITIK & DEMOKRASI RI   KOMNAS PEREMPUAN NILAI PERUSAHAAN SEHARUSNYA JAMIN PEGAWAI YANG ALAMI KEKERASAN SEKSUAL TETAP BEKERJA   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO PASTIKAN VAKSIN COVID-19 MASIH EFEKTIF LAWAN MUTASI VIRUS KORONA B117 ASAL INGGRIS