HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Menkes Setujui Usulan Anies Untuk Terapkan Status PSBB di Jakarta

Selasa, 7 April 2020 | 11:52 WIB

JAKARTA, KOMPASTV – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto akhirnya menyetujui usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menetapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Provinsi DKI Jakarta.

Status PSBB ini dilakukan untuk demi menangani wabah virus Covid-19.

Surat persetujuan PSBB tersebut telah ditanda tangani Terawan pada Senin malam (6/4/2020).

Salah satu yang menjadi alasan Menkes menyetujui hal tersebut adalah karena pertimbangan kesehatan. Jakarta adalah episentrum terbesar dari persebaran Covid-19.

Baca Juga: Sumbar Denda Warganya Yang Tak Pakai Masker

"Bukan hanya pertimbangan Kemenkes, tapi pertimbangan Gugus Tugas. Itu aspeknya banyak, pertama pasti aspek kesehatan, nomor satu itu," ujar Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kemenkes Busroni saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/4/2020).

Penerapan status PSBB ini telah diatur di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020, sebagai salah satu cara untuk mengatasi wabah pandemi Covid-19 atau virus corona.

Untuk langkah berikutnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipersilahkan secara resmi untuk menetapkan status PSBB sesuai dengan kemampuan daerah.

Adapun PSBB adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi virus disease 2019 (covid019) sedemikian rupa, untuk mencegah penyebarannya.

Pembatasan berupa peliburan sekolah dan tempat kerja, kegiatan keagamaan, kegiatan di tempat umum, kegiatan sosial budaya, dll.

Editor : Abdur Rahim



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
23:03
ANGGOTA DPD JIMLY ASSHIDDIQIE: NORMAL BARU MESTI DIIKUTI KEPATUHAN PROTOKOL COVID   RUSIA BERENCANA UJI KLINIS VAKSIN VIRUS KORONA 2 MINGGU MENDATANG   KOMPLEKS MASJID AL-AQSA DI JERUSALEM KEMBALI DIBUKA MINGGU, 31 MEI 2020   LARANG PEMUDIK KEMBALI KE JAKARTA, BUPATI WONOGIRI TIDAK KELUARKAN SURAT KETERANGAN IZIN MASUK   PEMPROV DKI JAKARTA SEBUT 2.102 ORANG SEMBUH DARI VIRUS KORONA SELAMA MASA PANDEMI   GUBERNUR JAWA TIMUR KHOFIFAH INDAR PARAWANSA MINTA PERILAKU DISIPLIN WARGA MALANG RAYA HADAPI KORONA DIPERKUAT   KABID HUMAS POLDA METRO JAYA SEBUT SEBANYAK 10.863 KENDARAAN DILARANG KELUAR-MASUK JAKARTA KARENA TAK PUNYA SIKM   KEMENDESA PDTT TERIMA 2.645 ADUAN SOAL BANSOS DAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DARI DANA DESA   GUBERNUR JAWA BARAT RIDWAN KAMIL SEBUT RS HASAN SADIKIN BANDUNG KEMBALI LAYANI PASIEN UMUM MULAI SENIN, 1 JUNI 2020   STRIKER ASAL ARGENTINA, MAURO ICARDI, RESMI KE PARIS SAINT-GERMAIN SETELAH DIREKRUT DARI INTER MILAN   JUBIR COVID-19 SULAWESI UTARA SEBUT 52 PASIEN YANG POSITIF VIRUS KORONA DINYATAKAN SEMBUH   BIN MENGGELAR KEMBALI "RAPID TEST" DAN "SWAB TEST COVID-19" MASSAL DI SURABAYA, JAWA TIMUR   PEMKOT TASIKMALAYA MULAI BERSIAP MENERAPKAN TATANAN NORMAL BARU   MENTERI PPPA DORONG LARANGAN PROMOSI ROKOK UNTUK CEGAH PEROKOK ANAK