Kompas TV religi beranda islami

Kalam Hati - Semua Berawal dari Niat

Kompas.tv - 7 April 2020, 06:30 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Pansos atau Panjat Sosial adalah sebuah istilah mengenai bentuk perilaku dari seseorang yang ingin menunjukkan dan meningkatkan status sosial mereka di media sosial.

Dalam episode kali ini Kang Rashied memberikan penjelasan bahwa segala aktifitas dapat bernilai ibadah jika dibarengi dengan niat, baik bersifat update status, posting sesuatu dan aktifitas hidup lainnya. Yang bila dilandasi dengan motif untuk eksistensi diri, tentu hal ini dilarang oleh agama karena dapat menggiring pelakunya menjadi riya dan angkuh. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya yang paling aku takutkan dari apa yang aku takutkan menimpa kalian adalah syirkul ashghar (syirik kecil).” Maka para shahabat bertanya, ”Apa yang dimaksud dengan syirkul ashghar?” Beliau shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab,“Ar-riya’.” (HR. Ahmad no. 27742)

Karena syirik ashghar dapat mengurangi derajat tauhid seseorang serta menghapus amal yang tercampur dengan syirik ashghar tersebut.

Namun bilamana niatnya murni untuk mengharapkan kebaikan dari Allah saja maka bisa berubah menjadi ibadah. Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)

Dalam arti segala sesuatu yang tidak diniatkan mencari keridhaan Allah ‘Azza wa Jalla, maka akan sia-sia.

 

Wallahu a’lam bis shawab



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x