Kompas TV nasional berita kompas tv

Tangani Virus Corona, Ketum PMI Jusuf Kalla Pimpin Rapat Melalui Teleconference

Kompas.tv - 6 April 2020, 17:17 WIB
tangani-virus-corona-ketum-pmi-jusuf-kalla-pimpin-rapat-melalui-teleconference
Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla memimpin rapat bersama jajaran pengurus pusat melalui teleconference dengan Rumah Sakit PMI Kota Bogor sebagai RS rujukan penanganan pasien Covid-19, di Jakarta, Senin (6/4/2020). (Sumber: dok PMI)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menggelar rapat terkait penanganan virus corona atau Covid-19 di Markas Pusat PMI, Jakarta, Senin (6/4/2020).

Jusuf Kalla atau yang akrab disapa JK ini memimpin rapat melalui teleconference dengan Pengurus Pusat PMI dan jajaran Rumah Sakit (RS) PMI Bogor.

Baca Juga: PMI Sukabumi Kekurangan Darah di Tengah Pandemi Covid-19

Rapat tersebut menindaklanjuti atas keputusan dari Pemerintah Kota Bogor yang menunjuk RS PMI Bogor sebagai RS rujukan penanganan Covid-19, melalui SK Wali Kota Bogor, tertanggal 2 April 2020 lalu.

Merespon hal ini, JK mengatakan, PMI akan siap membantu pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19, terutama dalam penanganan pasien Covid-19 di wilayah Kota Bogor.

“PMI akan mendukung terus upaya pemerintah dalam penanganan Covid-19 ini, dengan memberikan dukungan kepada RS PMI Bogor. Kita juga akan berikan dukungan APD (Alat Pelindung Diri) untuk tenaga medis yang bekerja,” ujar mantan Wakil Presiden RI itu.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Bogor, kasus penyebaran Covid-19 di Kota Bogor menyebar sangat cepat.

Setidaknya tercatat ada 763 kasus orang dalam pemantauan (ODP) di Kota Bogor. 

Rinciannya, sebanyak 364 kasus telah selesai ditangani dan 399 orang masih dalam pemantauan.

Sedangkan untuk jumlah positif Covid-19 di Kota Bogor ada 34 pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Jusuf Kalla Tinjau Perakitan Armada Gunner PMI Sebagai Alat Semprot Disinfektan

Wakil Direktur RS PMI Bogor, dr. Arfan Faturahman menambahkan, “Kami membutuhkan dukungan dari PMI Pusat untuk menjalankan operasional dalam penanganan Covid-19, dan kami siap untuk menjalankan tugasnya,” kata Arfan, dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/4/2020).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.