Kompas TV nasional sapa indonesia

Sorotan: Dampak Corona ke Dunia Pendidikan

Minggu, 5 April 2020 | 01:34 WIB

KOMPAS.TV - Dampak mewabahnya virus corona kini juga telah dirasakan oleh dunia pendidikan.

Organisasi Pendidikan, Keilmuwan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO menyebut hampir 300 juta siswa di seluruh dunia terganggu kegiatan sekolahnya dan terancam hak-hak pendidikan mereka di masa depan.

Presiden Joko Widodo sudah mengimbau untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah semasa pandemi virus corona ini. Pemerintah juga memutuskan untuk membatalkan Ujian Nasional 2020.

Seberapa besar dampak virus korona terhadap dunia pendidikan di Indonesia? Efektifkah langkah belajar dari rumah yang sudah berjalan selama ini?

Untuk menekan penyebaran corona, sejak 16 Maret 2020 pemerintah memutuskan agar siswa-siswi belajar dari rumah.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi telah menetapkan pembatalan UN 2020 akibat pandemi corona atau Covid-19.

Kebijakan ini diharapkan pemerintah bisa mengurangi mobilitas pelajar dan mahasiswa sehingga dapat menekan penyebaran corona.

Dalam praktiknya, proses belajar mengajar di rumah, siswa dan guru dibantu dengan aplikasi belajar online. Namun, sejumlah kesulitan ditemui para guru saat menjalankan metode belajar dari rumah.

Belajar di rumah menjadi langkah yang dinilai ampuh dalam memutus rantai penyebaran virus corona. Namun, tak sedikit orangtua dan siswa yang kerepotan dengan kegiatan ini sehingga diperlukan kiat khusus.

Penulis : Christandi Dimas





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:27
HINGGA SAAT INI, KADIN TUNGGU KONFIRMASI BIO FARMA SOAL KEDATANGAN VAKSIN SINOPHARM UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG    KADIN MENYATAKAN PELAKSANAAN VAKSINASI GOTONG ROYONG BERGANTUNG PADA KETERSEDIAAN VAKSIN COVID-19    JUBIR KEMENHUB ADITA IRAWATI IMBAU MASYARAKAT TAK MUDAH TERGIUR DENGAN TAWARAN TRAVEL GELAP UNTUK MUDIK   DISNAKERTRANS DKI: KEMUNGKINAN PENYEBAB PENINGKATAN KLASTER PERKANTORAN LANTARAN EUFORIA VAKSINASI COVID-19   DONI MONARDO: KASUS COVID-19 DI INDIA MELONJAK KARENA WARGA ABAI PROTOKOL KESEHATAN SAAT RITUAL KEAGAMAAN   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO: 7 PERSEN WARGA INDONESIA BERENCANA MUDIK LEBARAN TAHUN INI MESKI DILARANG   PEMKOT JAKARTA UTARA MEMILIKI SEBANYAK 18 KAMPUNG SIAGA BENCANA (KSB)   PEMPROV PAPUA DORONG DESK PAPUA YANG ADA DI KEMENKO POLHUKAM SEGERA DIAKTIFKAN KEMBALI   MENPAREKRAF: PEMBUKAAN DESTINASI WISATA SELAMA MASA LIBUR LEBARAN WEWENANG PEMERINTAH DAERAH   KABINDA BRIGJEN I GUSTI PUTU DANNY NUGRAHA KARYA AKAN DIBERI KENAIKAN PANGKAT SATU TINGKAT   PRESIDEN JOKOWI SAMPAIKAN DUKACITA ATAS GUGURNYA KEPALA BIN DAERAH PAPUA BRIGJEN I GUSTI PUTU DANNY NUGRAHA KARYA   PEMERINTAH AKAN JAMIN PENDIDIKAN ANAK-ANAK DARI 53 AWAK KRI NANGGALA-402 HINGGA JENJANG S-1   53 AWAK KRI NANGGALA-402 YANG GUGUR AKAN DIBERI KENAIKAN PANGKAT SATU TINGKAT LEBIH TINGGI   PRESIDEN JOKOWI UCAPKAN TERIMA KASIH ATAS BANTUAN DARI NEGARA SAHABAT YANG MEMBANTU PENCARIAN KRI NANGGALA-402