Kompas TV nasional berita kompas tv

MUI Ingatkan Masyarakat Tak Perlu Khawatir dengan Penyebaran Covid-19 dari Jenazah Pasien

Sabtu, 4 April 2020 | 23:33 WIB
mui-ingatkan-masyarakat-tak-perlu-khawatir-dengan-penyebaran-covid-19-dari-jenazah-pasien
Jenazah warga Jakarta yang sempat terlantar di Puskesmas Tamansari Kota Tasikmalaya dibawa ke ruang kamar mayat RSUD Soekardjo Tasikmalaya sampai akhirnya dimakamkan oleh pihak keluarga di kampung halamannya, Selasa (31/3/2020) kemarin. (Sumber: KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA)

JAKARTA, KOMPASTV – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengingatkan masyarakat untuk tidak khawatir terhadap penularan virus corona dari jenazah pasien positif.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh menjelaskan protokol kesehatan terhadap jenazah pasien positif tetap dijalankan namun tidak mengesampingkan aturan agama.

MUI juga telah mengeluarkan mengeluarkan Fatwa Nomor 18 Tahun 2020 tentang pedoman pengurusan jenazah bagi umat muslim yang terinfeksi Covid-19.

Baca Juga: MUI Sebut Yang Meninggal Karena Covid-19 Adalah Mati Syahid

Fatwa ini menjadi panduan bagi tenaga kesehatan dan petugas yang mengurusi jenazah untuk dapat menjaga keselamatan jiwa dan tidak mengabaikan ketentuan agama.

Fatwa tersebut merujuk pada hak yang perlu dipenuhi dalam proses pengurusan jenazah. Mulai dari pemandian, pengkafanan, menshalatkan hingga penguburan jenazah. Pastinya dalam pengurusan jenazah harus sesuai protokol kesehatan serta mentaati aturan agama.

"Jika kita ikuti protokol kesehatan dalam mengurus jenazah dan ketentuan dalam fatwa MUI, maka tak ada kekawatiran lagi untuk (jenazah) menularkan (Covid-19) kepada yang hidup," ujar Asrorun saat konferensi pers di Graha BNPB, Sabtu (4/4/2020).

Editor : Johannes Mangihot

1
2
3



BERITA LAINNYA


PILKADA SERENTAK

Saran Pilkada Ditunda Cambuk Bagi KPU

Minggu, 20 September 2020 | 12:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:07
WEBINAR NARASI BRAND BERSAMA TARRENCE PALAR DAN HANDOKO HENDROYONO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   DITPOLAIRUD POLDA PAPUA TERJUNKAN PERSONEL UNTUK JADI TENAGA PENGAJAR BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH DI PULAU KOSONG   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH SEGERA TETAPKAN STANDAR HARGA TES PCR DI BERBAGAI RUMAH SAKIT   KEMENDAG AMERIKA SERIKAT TUNDA LARANGAN PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK HINGGA 27 SEPTEMBER 2020   PEMKOT PEKANBARU, RIAU, TAMBAH 200 TENAGA KESEHATAN DALAM UPAYA PENANGGULANGAN COVID-19   KANTOR WALI KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT DITUTUP TIGA HARI KE DEPAN SETELAH LIMA PEGAWAI POSITIF COVID-19   KEMLU SEBUT KASUS BARU WNI DI LUAR NEGERI YANG TERKONFIRMASI COVID-19 BERASAL DARI KUWAIT   KEMLU MENCATAT KASUS WNI TERKONFIRMASI COVID-19 DI LUAR NEGERI BERTAMBAH MENJADI 1.422 KASUS   MENKO PMK MINTA PEMDA MEMILIKI INISIATIF JIKA FASILITAS UNTUK PENANGANAN COVID-19 DARI PUSAT BELUM TURUN   MANTAN PM KANADA JOHN TURNER TUTUP USIA   KUASA HUKUM JOHN KEI SEBUT PENAHANAN KLIENNYA DIPERPANJANG HINGGA 19 OKTOBER 2020   KEMENKES IRAN MENCATAT ANGKA KEMATIAN AKIBAT COVID-19 MENCAPAI 24.000 KASUS   POLRES BOGOR, JAWA BARAT: WISATAWAN KE PUNCAK TURUN 80 PERSEN, PENGARUH PSBB JAKARTA