Kompas TV video cerita indonesia

Warga Gotong Royong Gali Makam Untuk Jenazah Terinfeksi Corona

Kompas.tv - 4 April 2020, 23:09 WIB
Penulis : Theo Reza

LAMPUNG, KOMPASTV – Warga Dusun Srigaluh, Lampung Barat gotong royong menyiapkan pemakaman bagi warga yang meninggal setelah positif terinfeksi virus corona.

Dari rekaman video amatir, terlihat warga Dusun Srigaluh menggali liang lahat untuk pemakaman pasien positif corona.

Liang Lahat itu disiapkan di TPU Srigaluh, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lambung Barat.

Dilansir dari Kompas.com, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus bersyukur tidak ada penolakan dari masyarakat.

 "Alhamdulillah tidak ada penolakan dari masyarakat. Warga sudah teredukasi dengan baik. Insya Allah, dimakamkan malam nanti, begitu jenazah tiba," kata Parosil saat dihubungi, Sabtu (4/4/2020) petang.

Gotong royong penggalian liang lahat itu, kata Parosil, merupakan buah kerja pejabat setempat yang menekankan pentingnya makna kekeluargaan dalam mengahadapi pandemi virus corona baru.

"Pasien positif ini masih saudara kita, keluarga kita juga. Apalagi jika Islam, hukumnya fardhu kifayah untuk mengurus jenazah atau pemakaman," kata Parosil.

Parosil berterima kasih kepada para warga Lampung Barat, khususnya Dusun Srigaluh yang terbuka dan memahami informasi tentang Covid-19.

"Masyarakat sudah paham, pemulasaraan jenazah sudah ada standarnya. Tidak akan virus itu hidup ketika jenazah dimakamkan," kata Parosil.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.