Kompas TV video internasional

Wisuda Online Dengan Robot di Jepang

Kompas.tv - 3 April 2020, 23:46 WIB
Penulis : Theo Reza

KOMPASTV – Bussiness Breakthrough University (BBT University) gelar acara wisuda secara online dan menggunakan robot sebagai perwakilan di Hotel Grand Palace di Tokyo, Jepang pada Sabtu (28/3/2020).

Dilansir dari Kompas.com dan telah di terjemahkan, Acara wisuda inimenggunakan robot avatar terbaru yang dikembangkan oleh ANA Holding bernama Newme.

Acara wisuda dengan menggunakan robot iniuntuk mencegah penyebaran virus corona di kalangan institusi pendidikan di Jepang.

Robot Newme ini terlihat berbentuk seperti manusia dengan menampilkan tablet dibagian kepala dan empat roda sebagai kaki.

Layar tablet tersebut menampilkan wajah perwakilan para wisudawan yang hadir lewat aplikasi Zoom. Namun prosesi wisuda juga tetap disaksikan oleh para rektor dan perwakilan kampus BBT University di dalam ruangan.

ada empat wisudawan yang terdiri dari dua orang tingkat sarjana dan dua orang pascasarjana sebagai perwakilan wisudawan yang mengoperasikan robot Newme dari rumah.

Inisiator wisuda online sekaligus Kepala Departemen Manajemen Global Fakultas Administrasi dan Bisnis BBT University, Shugo Yanaka mengatakan pihak BBT University merasa senang bisa menyelenggarakan wisuda online menggunakan robot avatar ini.

"Kami harap ini dapat menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lain yang tengah kesulitan dalam menyelenggarakan wisuda atau upacara penerimaan siswa dan mahasiswa baru," kata Shugo.

Wisuda online dan menggunakan robot avatar ini diklaim merupakan wisuda online pertama kalinya di dunia. BBT University tak menutup kemungkinan ke depannya akan ada wisuda online dengan menggunakan Newme.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x