HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Safety Chamber , Kurangi Resiko Tenaga Medis Tertular Corona

Minggu, 5 April 2020 | 07:00 WIB

MALANG-KOMPAS.TV- Untuk membantu tenaga medis yang bekerja keras dalam penanganan covid-19, Akademisi Universitas Muhammadiyah Malang, memproduksi safety chamber. yakni bilik keselamatan untuk menunjang kerja tenaga medis, agar tetap aman dan minim resiko tertular covid-19.

Inovasi safety chamber ini diklaim mampu meminimalisir penularan virus covid-19. Berbentuk kotak transparan dari bahan fiber, ada dua jenis safety chamber yang diproduksi. Yang pertama berbentuk separuh badan pasien. Dan yang kedua tertutup lengkap berukuran satu badan pasien.

Masing masing memiliki fungsi yang berbeda. Yang berukuran tertutup lengkap untuk mengirim pasien ke UGD, sehingga tidak terpapar ke lingkungan, ataupun saat di dalam ambulans. Semnetara untuk yang separuh badan untuk pemeriksaan pasien. Jika ada tindakan, bilik ini disertai dua lubang untuk Dokter melakukan pemeriksaan.

Safety chamber ini bisa mengurangi resiko tenaga medis terpapar virus corona. Karena saat pemeriksaan pun biasanya pasien bersin ataupun batuk. Alat ini dibuat agar tenaga medis juga tidak tertular ketika menyentuh maupun mendiagnosa pasien.

Sementara itu untuk perawatannya juga cukup mudah. Tinggal dibersihkan dengan alkohol, ataupun menggunakan sabun deterjen. Diharap lewat inovasi ini, bisa menekan jumlah korban tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan covid-19 ini. 

Selain memproduksi safety chamber, UMM juga memproduksi alat perlindungan diri atau APD yang blue printnya sudah dikirim ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sebelumnya Pemrov Jatim menyebut akan bekerja sama dengan UMM dalam produksi massal APD untuk di Jawa Timur.

#safetychamber

Editor : KompasTV Malang



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
03:25
JUBIR PEMERINTAH UNTUK PENANGANAN VIRUS KORONA: NORMAL BARU BUKAN BERARTI KEMBALI SEPERTI SEBELUM ADA PANDEMI   PEMPROV SULAWESI SELATAN MENGATAKAN 12 KABUPATEN SUDAH AMAN DARI VIRUS KORONA   SPANYOL BERENCANA UNTUK MEMPERPANJANG "LOCKDOWN" HINGGA 21 JUNI 2020   POLRES METRO JAKARTA BARAT TANGKAP 12 ANGGOTA GENG MOTOR BERSENJATA DI SLIPI   PEMPROV DKI JAKARTA SEBUT 2.102 ORANG SEMBUH DARI VIRUS KORONA SELAMA MASA PANDEMI   GUBERNUR JAWA TIMUR KHOFIFAH INDAR PARAWANSA MINTA PERILAKU DISIPLIN WARGA MALANG RAYA HADAPI KORONA DIPERKUAT   KABID HUMAS POLDA METRO JAYA SEBUT SEBANYAK 10.863 KENDARAAN DILARANG KELUAR-MASUK JAKARTA KARENA TAK PUNYA SIKM   KEMENDESA PDTT TERIMA 2.645 ADUAN SOAL BANSOS DAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DARI DANA DESA   GUBERNUR JAWA BARAT RIDWAN KAMIL SEBUT RS HASAN SADIKIN BANDUNG KEMBALI LAYANI PASIEN UMUM MULAI SENIN, 1 JUNI 2020   STRIKER ASAL ARGENTINA, MAURO ICARDI, RESMI KE PARIS SAINT-GERMAIN SETELAH DIREKRUT DARI INTER MILAN   JUBIR COVID-19 SULAWESI UTARA SEBUT 52 PASIEN YANG POSITIF VIRUS KORONA DINYATAKAN SEMBUH   BIN MENGGELAR KEMBALI "RAPID TEST" DAN "SWAB TEST COVID-19" MASSAL DI SURABAYA, JAWA TIMUR   PEMKOT TASIKMALAYA MULAI BERSIAP MENERAPKAN TATANAN NORMAL BARU   MENTERI PPPA DORONG LARANGAN PROMOSI ROKOK UNTUK CEGAH PEROKOK ANAK