HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Warga Binaan Lapas Lowokwaru Malang Produksi Hand Sanitizer dan Masker

Sabtu, 4 April 2020 | 08:00 WIB

MALANG-KOMPAS.TV-Ditengah merebaknya covid 19 atau virus corona, masker dan hand sanitizer adalah dua barang yang menjadi buruan warga hingga terjadi kelangkaan di pasaran.

Melihat kondisi tersebut,  warga binaan Lapas Kelas Satu Lowokwaru Kota Malang memproduksi hand sanitizer dan masker sendiri. Bahkan hasil produksi mereka pun kini sudah banyak dipesan oleh beberapa Lapas dan kantor Imigrasi di beberapa daerah di Jawa Timur.

Di ruang workshop Lapas Kelas Satu Lowokwaru Kota Malang inilah, beberapa warga binaan yang telah mendapatkan pelatihan membuat cairan hand sanitizer yang dibuat dari bahan-bahan seperti alkohol 96 persen, gliserin, aquades, dan pewangi yang disesuaikan dengan standar yang direkomendasikan WHO.

Pembuatan hand sanitizer oleh  warga binaan ini berawal dari kelangkaan barang dipasaran akibat merebaknya virus corona  di Indonesia. Akhirnya pihak Lapas memberikan pelatihan kepada warga binaan untuk membuat secara mandiri diperuntukkan bagi warga binaan dan petugas Lapas.

Cairan hand sanitizer yang awalnya digunakan secara internal di dalam Lapas kini sudah mulai banyak dipesan oleh sejumlah Lapas di Jawa Timur.

Tak hanya membuat hand sanitizer,  warga binaan juga membuat sendiri sabun cair serta  masker kain. Untuk handsanitizer, kemasan 25 mililiter dijual seharga Rp 20.000,-.  Sedangkan ukuran 250 mililiter dijual Rp 50.000,-. Sementara masker dijual Rp 10.000,-/ bijinya.

#handsanitizer

Editor : KompasTV Malang



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
00:22
KPU PREDIKSI BIAYA PILKADA 2020 MENINGKAT JIKA DIGELAR DI MASA PANDEMI COVID-19   HINDARI KERUMUNAN MASSA, KPAI SARANKAN PELAKSANAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DILAKUKAN SECARA DARING   KETUA KOMISI X DPR SYAIFUL HUDA TOLAK WACANA PEMBUKAAN SEKOLAH DI ZONA MERAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   WALI KOTA BEKASI IZINKAN WARGA YANG TINGGAL DI ZONA HIJAU COVID-19 SHALAT JUMAT DI MASJID MULAI PEKAN DEPAN   PEMKOT JAKARTA BARAT FUNGSIKAN MASJID KH HASYIM ASYARI UNTUK ISOLASI PEMUDIK YANG BALIK KE JAKARTA   YLKI TOLAK RENCANA PEMBUKAAN MAL DI DKI JAKARTA PADA 5 JUNI 2020   PSBB DIPERPANJANG, PEMKOT BOGOR PERKETAT PROTOKOL KESEHATAN DAN ARUS KELUAR MASUK   POLDA SUMATERA BARAT SIAPKAN 6.000 PERSONEL UNTUK DUKUNG KEBIJAKAN KENORMALAN BARU   MENTERI PUPR MINTA BADAN PENGEMBANGAN SDM SIAPKAN MODUL “E-LEARNING” DI ERA KENORMALAN BARU   TIDAK PERPANJANG PSBB, PEMKOT MALANG SIAPKAN SKEMA KENORMALAN BARU   PEMKOT SOLO PERPANJANG STATUS KEJADIAN LUAR BIASA VIRUS KORONA HINGGA 7 JUNI 2020   GUBERNUR JATENG AKAN BERI MODAL DAN PELATIHAN KERJA UNTUK WARGA YANG TAK KEMBALI KE JAKARTA   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO LARANG WARGA YANG TERLANJUR MUDIK UNTUK KEMBALI KE JAKARTA   GUGUS TUGAS COVID-19: WARGA YANG AKAN KEMBALI KE JAKARTA HARUS UNDUH APLIKASI BERSATU LAWAN COVID (BLC)