Kompas TV regional berita daerah

Dampak Covid-19 Stok Darah di PMI Lampung Berkurang

Kompas.tv - 3 April 2020, 16:12 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Penerapan pembatasan aktivitas sosial yang diterapkan dalam kondisi wabah Covid-19 saat ini, sangat berdampak pada jumlah pasokan stok darah yang diterima Palang Merah Indonesia atau PMI di provinsi Lampung.

Kepala Bidang Pengelolaan Darah PMI Provinsi Lampung, Firmansyah Roni membenarkan PMI Provinsi Lampung saat ini kekurangan stok darah. Hal ini dirasakan sejak wabah pandemi Covid-19 dan penerapan pembatasan aktivitas sosial diterapkan.

Biasanya dalam sehari PMI Lampung mampu  mengumpulkan 100 hingga 150 kantong darah dari para pendonor, namun sejak adanya wabah corona jumlah pendonor menurun dan jumlah stok darah juga menurun, sementara permintaan akan kebutuhan transfusi darah selalu ada setiap harinya.

Saat ini PMI Lampung menggandeng santuan TNI,  Polri dan instansi lainya untuk dilakukan aksi donor darah demi bisa memenuhi kebutuhan pasokan darah pada PMI Lampung.

Baca Juga: Cegah Corona, Angkutan Umum dan Penumpang Disemprot Disinfektan

Firmasyah juga menghimbau warga Lampung untuk tidak takut saat hendak mendonorkan darah di PMI, pasalnya PMI sudah menyiapkan protokol yang sesuai dengan kondisi wabah covid-19 saat ini, mulai dari penerapan social distancing di kantor PMI, mengukur suhu tubuh, mencuci tangan hingga penyemprotan disinfektan.

#PMI #DonorDarah #COVID19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.