Kompas TV nasional berita kompas tv

Stok Menipis, Darah Dibutuhkan Pasien Virus Corona dan DBD

Kompas.tv - 3 April 2020, 09:40 WIB
Penulis : Edika ipelona

KOMPASTV - Bekerja sama dengan PMI Kota Makassar puluhan anggota Polri melakukan donor darah untuk membantu mengatasi minimnya stok darah.

Di tengah pandemi covid-19, persediaan darah menurun drastis. Sekitar 50 anggota Polres Pelabuhan, Makassar, mendonorkan darah untuk memenuhi permintaan rumah sakit untuk penanganan demam berdarah dan pasien covid-19. Saat antre, mereka tak lupa menerapkan fisikal distancing dan protokol kesehatan lainnya di tengah pandemi.

Di Padang Sumatera Barat, donor darah juga dilakukan Polda Sumatera Barat. Sekitar 63 kantong darah terkumpul. Pejabat utama hingga anggota di jajaran Polda Sumatera barat ikut berpartisipasi. Darah yang terkumpul diserahkan kepada PMI Kota Padang untuk kemudian dapat disalurkan untuk penanganan pasien covid-19 di Sumatera Barat.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla memantau persediaan bantuan yang dimiliki tujuh gudang PMI Pusat untuk menghadap corona. Jusuf Kalla dalam kesempatan itu juga mendukung kebijakan pemerintah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar.

Menurut JK, langkah pemerintah dalam penerapan pembatasan sosial berskala besar sudah tepat, agar efektif, sanksi juga diperlukan untuk menegakkan aturan dalam kebijakan ini. PMI juga ikut mendukung pencegahan corona dengan menggelar program penyemprotan disinfektan di lebih dari dua ribu lima ratus titik wilayah di Jabodetabek. PMI juga menargetkan distribusi sejuta boks masker.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x