Kompas TV kuliner cerita rasa

Warung Nasi Kuning Ini Legenda di Banjarmasin

Selasa, 7 April 2020 | 11:01 WIB

BANJARMASIN, KONPAS.TV - Jalan-jalan ke Banjarmasin ada menu yang menjadi favorit orang-orang Banjar. Ada menu yang sering dikonsumsi disini, yaitu nasi kuning, nasi kuning hampir setiap hari di konsumsi sebagai menu sarapan. Benoe mencoba mendatangi Nasi Kuning Rahmat yang buka sejak matahari terbit. Benoe memesan menu ikan gabus dan telor.

Berbeda dengan nasi kuning di Pulau Jawa, nasi kuning di sini lauk pauknya adalah ikan gabus, ayam, dan telur yang dimasak seperti semur. Nasi kuningnya disajikan di atas piring dengan bentuk setengah bulat dan ditaburi bawang merah goreng apabila makan di tempat. Ciri khas nasi kuning banjar adalah lauk ikan gabus semur yang empuk dagingnya tetapi cukup lumayan banyak durinya.

Nasi kuning disajikan terpisah dengan lauk. Lauknya ditaruh di piring kecil tersendiri. Satu porsi nasi kuning hanya Rp 5.000 ditambah lauk ikan gabus jadi Rp 18.000. Jika tambah ayam jadi Rp 16.000 atau tambah telur jadi Rp 10.000.

Warung nasi kuning  milik Ibu Ruhayah ini sudah 18 tahun melegenda sebagai sarapan wajib bagi tamu yang datang di Banjarmasin. Jika kalian berada di Banjarmasin silahkan dating untuk mencoba.

Alamat:

Jl. Perintis Kemerdekaan No.20A, Ps. Lama, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70115 

Editor : Krisna Aditomo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:18
JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 42.070.215 POSITIF, 28.475.826 SEMBUH, 1.141.724 MENINGGAL DUNIA   KETUA MPR MINTA KEMENKES BERIKAN PERHATIAN LEBIH PADA KESELAMATAN TENAGA KESEHATAN   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO: SELURUH RAKYAT INDONESIA HARUS PEROLEH VAKSINASI KORONA   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL: HASIL SIMULASI DI DEPOK, VAKSINASI KORONA BUTUH WAKTU 45 MENIT PER ORANG   JUBIR PENANGANAN COVID-19 REISA BROTO ASMORO: KASUS AKTIF KORONA DI INDONESIA SAAT INI DALAM PERSENTASE KECIL   JUBIR PENANGANAN COVID-19 REISA BROTO ASMORO: KETERSEDIAAN OBAT PENANGANAN PASIEN KORONA MASIH AMAN   KEMENTERIAN PERTANIAN SEBUT UU CIPTA KERJA BERI KEMUDAHAN PETANI MEMULAI USAHA   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT BELUM ADA LONJAKAN KASUS KORONA DAMPAK DEMO UU CIPTA KERJA   PEMPROV DKI SEGERA EVALUASI USULAN PEMBONGKARAN TIANG PANCANG BEKAS PROYEK MONOREL DI JALAN RASUNA SAID & ASIA AFRIKA   DPRD DKI JAKARTA MINTA PEMPROV SEDIAKAN KANTONG BELANJA RAMAH LINGKUNGAN   LIBURAN PANJANG AKHIR OKTOBER, PT KAI TAMBAH PERJALANAN KERETA API HINGGA 13 PERSEN   KEMENPAREKRAF HARAP DANA HIBAH PARIWISATA 2020 BISA TINGKATKAN PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN   KEMENPAREKRAF TARGETKAN PENCAIRAN DANA HIBAH PARIWISATA DIMULAI NOVEMBER 2020   YLKI DORONG BPJS KESEHATAN SIAPKAN LAYANAN KESEHATAN BERBASIS DIGITAL