Kompas TV kuliner cerita rasa

Warung Nasi Kuning Ini Legenda di Banjarmasin

Kompas.tv - 7 April 2020, 11:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

BANJARMASIN, KONPAS.TV - Jalan-jalan ke Banjarmasin ada menu yang menjadi favorit orang-orang Banjar. Ada menu yang sering dikonsumsi disini, yaitu nasi kuning, nasi kuning hampir setiap hari di konsumsi sebagai menu sarapan. Benoe mencoba mendatangi Nasi Kuning Rahmat yang buka sejak matahari terbit. Benoe memesan menu ikan gabus dan telor.

Berbeda dengan nasi kuning di Pulau Jawa, nasi kuning di sini lauk pauknya adalah ikan gabus, ayam, dan telur yang dimasak seperti semur. Nasi kuningnya disajikan di atas piring dengan bentuk setengah bulat dan ditaburi bawang merah goreng apabila makan di tempat. Ciri khas nasi kuning banjar adalah lauk ikan gabus semur yang empuk dagingnya tetapi cukup lumayan banyak durinya.

Nasi kuning disajikan terpisah dengan lauk. Lauknya ditaruh di piring kecil tersendiri. Satu porsi nasi kuning hanya Rp 5.000 ditambah lauk ikan gabus jadi Rp 18.000. Jika tambah ayam jadi Rp 16.000 atau tambah telur jadi Rp 10.000.

Warung nasi kuning  milik Ibu Ruhayah ini sudah 18 tahun melegenda sebagai sarapan wajib bagi tamu yang datang di Banjarmasin. Jika kalian berada di Banjarmasin silahkan dating untuk mencoba.

Alamat:

Jl. Perintis Kemerdekaan No.20A, Ps. Lama, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70115 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x