Kompas TV video internasional

Dokter Pengungkap Pertama Virus Corona Dikabarkan Menghilang

Kompas.tv - 3 April 2020, 00:17 WIB
Penulis : Desy Hartini

WUHAN, KOMPAS.TV - Seorang dokter di Wuhan, China, Ai Fen, yang pertama kali mengungkap virus corona, dilaporkan menghilang.

Sebelumnya, Dokter Ai Fen menjadi perhatian dunia pada Maret, setelah mengutarakan apa yang dialaminya ketika pertama kali menyuarakan keberadaan patogen baru itu pada akhir Desember 2019.

Ia menuturkan bahwa dirinya menghadapi "teguran keras yang tak pernah terjadi sebelumnya" dari komisi disiplin Rumah Sakit Pusat Wuhan.

Sebabnya, pada 30 Desember 2019, dia mengunggah hasil diagnosis seorang pasien di WeChat dan memberikan keterangan "virus corona SARS".

Gambar itu segera menyebar, dan mendiang dokter Li Wenliang pun menyuarakan kekhawatirannya akan virus yang kini membunuh lebih dari 47.000 orang di dunia itu.

Baca Juga: Prediksi Peneliti: Kasus Positif Corona di Indonesia Capai 71.000 pada April 2020

Li, yang meninggal karena wabah itu pada 7 Februari 2020, sempat diperingatkan otoritas setempat karena dianggap "menyebarkan informasi tidak benar".

Dikabarkan 60 Minutes Australia, Dokter Ai pun tidak terlihat lagi setelah memberikan wawancara kepada People yang mengkritik manajemen rumah sakit dalam merespons temuannya.

Tak lama setelah wawancara itu tayang, yang kemudian dihapus, Ai mengunggah sebuah gambar disertai keterangan di akun Weibo-nya.

"Sebuah sungai, jalan, jembatan, dan jam yang berdentang," kata Ai di Weibo seperti dikutip RFA via Daily Mail, Rabu (1/4/2020).

Rumor mengenai Dokter Ai Fen menghilang terjadi setelah Pemerintah China dikritik karena dianggap menutupi situasi tentang pandemi yang terjadi.

Baca Juga: [FULL] Update Corona 2 April 2020: 1.790 Positif, 112 Sembuh, dan 170 Meninggal

Beijing disebut berusaha menutupi kabar terkait patogen tersebut dengan menghukum tim medis yang menemukan dan menyebarluaskannya.

Kemudian memberi penyangkalan bahwa Covid-19 tidak ada transmisi antar-manusia hingga menunda karantina di wilayah yang terdampak.

Hingga saat ini, sejumlah kalangan, termasuk warga di Wuhan, menduga angka sebenarnya infeksi virus SARS-Cov-2 itu jauh lebih tinggi dari yang dipaparkan.

#Corona #AiFen #Wuhan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x