Kompas TV video cerita indonesia

Salut! Anggota TNI Ajari Warga Bikin Kerajinan dari Sampah

Kompas.tv - 2 April 2020, 22:07 WIB
Penulis : Desy Hartini

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Inilah pembuatan kerajinan tangan dari sampah plastik dan botol bekas. Hal ini diinisiasi oleh Babinsa Desa Pantirejo,Kabupaten Pekalongan.

Anggota TNI Kodim 0710 Pekalongan ini mendatangi rumah-rumah warga untuk mengajari mereka membuat kerajinan tangan bernilai jual.

Bahan-bahannya tidaklah sulit karena masyarakat hanya membutuhkan botol bekas maupun sampah plastik untuk dijadikan berbagai kerajinan.

Ada yang membuat vas bunga hingga hiasan kamar dan tisu yang bisa dijual apabila virus Covid-19 sudah mereda.

Warga diajari lansgung membuat kerajinan tangan oleh babinsa sampai bisa menghasilkan kerajinan yang bernilai jual.

Salah seorang warga khumaero mengatakan ia sangat bersyukur adanya anggota TNI yang mengajari cara membuat kerajinan dari sampah.

Ia bisa mengerjakan kerajinan tersebut dari rumah bersama anaknya yang mulai bosan karena sekolah diliburkan dampak dari mewabahnya virus covid-19. 

sementara Pelda Karyono, Babinsa Desa Pantirejo mengaku keahliannya membuat kerajinan tangan ia pelajari dari ibu-ibu Persit Kodim 0710 Pekalongan.

Adanya program Tentara Manunggal Membangun Desa reguler 107 di desa ini membuat dirinya ingin berbagi ilmu yang bermanfaat. Mereka yang belum bisa membuat kerajinan dari botol bekas dan plastik bisa datang ke balai desa kemudian melanjutkan di rumah.

Karyono berharap dengan banyaknya warga yang kreatif nantinya bisa menghasilkan kerajinan yang bisa dijual dan menambah kesejahteraan masyarakat.

#TNI #Corona #Kerajinan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x