Kompas TV nasional berita kompas tv

Tangani Virus Corona, 35 Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah Rawat 1.084 Pasien Covid-19

Kompas.tv - 2 April 2020, 15:41 WIB
tangani-virus-corona-35-rumah-sakit-muhammadiyah-dan-aisyiyah-rawat-1-084-pasien-covid-19
Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Solo (Surakarta) (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Deni Muliya

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) kini telah menyediakan 35 Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah (RSMA) di seluruh Indonesia yang siap menerima pasien Covid-19.

MCCC merupakan gugus tugas Muhammadiyah yang telah berpartisipasi  dalam penanggulangan wabah virus corona di Indonesia dan manca negara.

Baca Juga: Atasi Virus Corona, Rumah Sakit Muhammadiyah Kerja Sama Dengan Pemerintah

Sebanyak 35 RSMA itu tersebar di berbagai kota di Indonesia untuk menjadi rumah sakit yang siap merawat pasien terpapar virus corona.

“Secara statistik, dalam satu bulan ini, RSMA telah menangani total 881 kasus ODP (Orang Dalam Pemantauan), 192 kasus PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dengan 11 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga total kini ada 1.084 pasien yang dirawat,” ujar dokter Corona Rintawan, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/4/2020).

Data tersebut berdasarkan perkembangan terbaru dari Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah per tanggal 1 April 2020. 

Dari data harian tersebut, jumlah pasien yang dirawat per harinya terus mengalami peningkatan.

Selain menangani kasus-kasus Covid-19, MCCC juga melakukan pencegahan penyebarannya melalui produksi konten media yang disosialisasikan dalam bentuk infografis, artikel, video, dialog/talkshow televisi dan radio. 

Baca Juga: Antisipasi Sebaran Virus Corona, Muhammadiyah Siagakan 20 Rumah Sakit

Dokter Corona Rintawan melanjutkan, kasus baru Covid-19 dan korban meninggal di Indonesia masih akan terus meningkat.

“Oleh karena itu kita harus meningkatkan semua upaya dan pengorbanan secara terus-menerus, tanpa lelah, demi keselamatan bersama,” kata dokter Corona.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.