Kompas TV nasional berita kompas tv

Netizen Ramai Tanda Tangani Petisi Bebaskan Siti Fadilah untuk Lawan Corona

Kompas.tv - 2 April 2020, 15:24 WIB
netizen-ramai-tanda-tangani-petisi-bebaskan-siti-fadilah-untuk-lawan-corona
Petisi yang meminta pemerintah membebaskan mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari untuk bantu lawan wabah virus corona. (Sumber: Change.org)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV – Petisi yang meminta pemerintah membebaskan mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari ramai di jagat maya.

Petisi yang di-posting pada situs Change.org tersebut dibuat sekelompok orang yang mengatasnamakan Rakyat Indonesia Melawan Corona. 

Petisi ini diinisiasi oleh dr Nyoman Kusuma dan Satrio Wibowo tertanggal 31 Maret 2020. Judul pertisi tersebut yakni Bebaskan Siti Fadilah Supari, Berjuang Bersama Melawan Wabah Corona.

Baca Juga: Tangani Virus Corona, Jokowi Tegaskan Lagi Pusat dan Daerah Harus Satu Visi dan Strategi

Hingga Kamis 2 April 2020 pukul 15.12 WIB, petisi sudah tembus 5.572 tanda tangan netizen.

Pada petisi tersebut dijelaskan bahwa pemerintah Indonesia punya pengalaman berhasil mengatasi berbagai penyakit menular. Contoh pada 2005-2009, Indonesia menghadapi wabah flu burung yang tingkat kematiannya lebih tinggi dibandingkan dengan wabah Corona saat ini.

Bahkan WHO sempat menjadikan Indonesia sebagai pusat wabah dan dinyatakan sebagai Pandemi Global Flu Burung alias H5N1, seperti di China dalam Pandemi Global Corona. 

Pada 2009, ada juga wabah flu babi (H1N1) yang merebak di Meksiko sehingga dinyatakan pandemi global oleh Badan Kesehatan Dunia.

Nah, Siti Fadilah punya pengalaman dan keahlian dalam mengatasi ancaman pandemi wabah flu burung dan pandemi flu babi.

Baca Juga: 4 Pasien Virus Corona Sembuh di Semarang, Kuncinya Selalu Gembira

Pengalaman dan keahlian Siti Fadilah dalam mengatasi ancaman Politik Pandemi Flu Burung dan Pandemi Flu Babi sangat berharga dan dibutuhkan saat ini, yang sedang menghadapi wabah Corona saat ini.

"Akan sangat sia-sia jika pengalaman dan keahlian Siti Fadilah yang saat itu sebagai Menteri Kesehatan RI 2004-2009 tetapi tidak dimanfaatkan pada saat kita kesulitan menghadapi wabah Corona. Saat ini Siti Fadilah hanya bisa memantau perkembangan penanganan wabah dari balik tembok penjara Pondok Bambu Jakarta Timur," tulis petisi yang dikutip Kamis, 2 April 2020.

Diketahui, Siti Fadilah Supari merupakan mantan Menteri Kesehatan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dia saat ini mendekam di penjara sejak 2017, akibat vonis Pengadilan Tipikor dalam kasus dugaan korupsi alat kesehatan di Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Baca Juga: Mantan Menkes Siti Fadilah Supari Divonis 4 Tahun Penjara

Siti Fadilah Supari dinilai seorang jenius Indonesia yang menjadi korban akibat kekeliruan penegakan hukum.

Untuk itu, petisi tersebut muncul untuk membebaskan Siti Fadilah agar dapat membantu Indonesia menangani virus corona.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x