HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Cegah Corona, Sidang di Pengadilan Digelar Online

Kamis, 2 April 2020 | 12:48 WIB

JEMBER, KOMPAS.TV - Pengadilan Negeri Jember, Jawa Timur, mulai menggelar persidangan secara online dengan video telekonferensi. Penerapan sidang online mulai diberlakukan di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jember, Jawa Timur, sejak Senin (30/03).

Kepala Pengadilan Negeri Jember, Setyanto Hermawan menyatakan persidangan online sesuai dengan arahan ketua mahkamah agung atau KMA, yang tertuang dalam Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020, serta surat dari Kementrian Hukum dan HAM tentang persidangan online.

Sidang online terkoneksi langsung dengan ruangan khusus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember, sehingga para terdakwa tidak perlu dihadirkan dalam ruang sidang, namun tetap di ruangan khusus, yang telah disediakan oleh Lembaga Pemasyarakatan. “Dengan demikian maka kita semua dapat menghindari kerumunan orang untuk mencegah penyebaran virus corona”, ujar Setyanto Hermawan. Namun di ruang sidang sendiri akan tetap dihadiri oleh Hakim Ketua, Hakim Anggota, Jaksa Penuntut Umum, Kuasa Hukum Terdakwa dan juga Saksi.

Baca Juga: Polisi Tutup Layanan Permohonan SIM Untuk Cegah Corona

Kepala Kejaksaan Negeri Jember, Prima Idwan Mariza, menegaskan bahwa persidangan online dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona yang semakin meluas, namun di sisi lain penyelesaian proses hukum tetap berjalan.

#SidangOnline #Pengadilan #LawanCorona

Editor : KompasTV Jember



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
00:24
KPU PREDIKSI BIAYA PILKADA 2020 MENINGKAT JIKA DIGELAR DI MASA PANDEMI COVID-19   HINDARI KERUMUNAN MASSA, KPAI SARANKAN PELAKSANAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DILAKUKAN SECARA DARING   KETUA KOMISI X DPR SYAIFUL HUDA TOLAK WACANA PEMBUKAAN SEKOLAH DI ZONA MERAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   WALI KOTA BEKASI IZINKAN WARGA YANG TINGGAL DI ZONA HIJAU COVID-19 SHALAT JUMAT DI MASJID MULAI PEKAN DEPAN   PEMKOT JAKARTA BARAT FUNGSIKAN MASJID KH HASYIM ASYARI UNTUK ISOLASI PEMUDIK YANG BALIK KE JAKARTA   YLKI TOLAK RENCANA PEMBUKAAN MAL DI DKI JAKARTA PADA 5 JUNI 2020   PSBB DIPERPANJANG, PEMKOT BOGOR PERKETAT PROTOKOL KESEHATAN DAN ARUS KELUAR MASUK   POLDA SUMATERA BARAT SIAPKAN 6.000 PERSONEL UNTUK DUKUNG KEBIJAKAN KENORMALAN BARU   MENTERI PUPR MINTA BADAN PENGEMBANGAN SDM SIAPKAN MODUL “E-LEARNING” DI ERA KENORMALAN BARU   TIDAK PERPANJANG PSBB, PEMKOT MALANG SIAPKAN SKEMA KENORMALAN BARU   PEMKOT SOLO PERPANJANG STATUS KEJADIAN LUAR BIASA VIRUS KORONA HINGGA 7 JUNI 2020   GUBERNUR JATENG AKAN BERI MODAL DAN PELATIHAN KERJA UNTUK WARGA YANG TAK KEMBALI KE JAKARTA   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO LARANG WARGA YANG TERLANJUR MUDIK UNTUK KEMBALI KE JAKARTA   GUGUS TUGAS COVID-19: WARGA YANG AKAN KEMBALI KE JAKARTA HARUS UNDUH APLIKASI BERSATU LAWAN COVID (BLC)