Kompas TV nasional berita kompas tv

Ganjar, Anies, Ridwan Kamil Minta Warga Tidak Mudik

Kompas.tv - 1 April 2020, 22:16 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Demi memutus rantai penyebaran virus corona, sejumlah kepala daerah tegas meminta warga perantau untuk tidak mudik.

Tak lagi sekedar imbauan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tegas menyampaikan agar warga perantau tidak mudik selama pandemi corona atau Covid-19. Ganjar meminta warga belajar dari kasus yang terjadi di Solo dan Purbalingga saat pasien positif corona menulari keluarga dan warga lainnya.

Lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bahkan mengeluarkan maklumat larangan mudik selama pandemi corona. Barang siapa memaksa mudik, otomatis berstatus orang dalam pemantauan atau ODP dan harus menjalani isolasi 14 hari.

Selanjutnya, sebagai pemimpin wilayah dengan kasus positif corona terbanyak, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat yang tinggal di Jakarta untuk tidak mudik dalam waktu dekat.

Hal ini merespon banyaknya warga meninggalkan ibu kota yang dikhawatirkan menambah penyebaran virus corona ke daerah. Gubernur Anies meminta masyarakat yang tinggal di Jakarta untuk tidak keluar dari ibu kota.

Beragam alasan dan kondisi dimiliki warga hingga memutuskan mudik, mulai dari kekhawatiran penyebaran virus corona hingga aturan pembatasan jarak fisik yang berimbas pada hilangnya mata pencaharian.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x