Kompas TV nasional berita kompas tv

Jubir Corona: Ramadhan Sebentar Lagi, Mari Jaga Kampung Halaman dengan Tidak Mudik

Kompas.tv - 1 April 2020, 20:25 WIB
jubir-corona-ramadhan-sebentar-lagi-mari-jaga-kampung-halaman-dengan-tidak-mudik
Juru Bicara Pemerintah Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto kembali meminta para perantau untuk tidak pulang ke kampung halaman.

Hal ini guna mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas. Para perantau pun diminta untuk komitmen menjaga kampungnya tetap sehat.

"Kita tahu bahwa Ramadhan sebentar lagi kita akan hadapi. Sudah barang tentu bahwa kita rindu untuk bisa pulang kampung halaman," kata Yuri di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (1/4/2020).

Baca Juga: [FULL] Jokowi Minta Warga Tidak Mudik

"Namun, yang paling penting, mari kita jaga kampung halaman kita tetap sehat. Oleh karena itu, sebaiknya tidak melakukan perjalanan jauh, sebaiknya tidak melakukan mudik," lanjutnya.

Yuri menjelaskan bahwa virus corona dapat berpindah karena dibawa oleh manusia. Penularan terjadi karena droplet (percikan air liur) orang yang sakit berpindah ke orang yang sehat.

Oleh sebab itu, pergerakan manusia dalam jumlah banyak dari satu daerah ke daerah lain atau mudik sangat berisiko menularkan virus.

Untuk itu, Yuri meminta supaya semua pihak berperan aktif dalam memutus mata rantai penularan Covid-19.

Baca Juga: PLN Bakal Kasih Token Gratis untuk Pelanggan Listrik 450 VA

Tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga melindungi orang tua dan kampung halaman.

"Mari lindungi orang-orang tua kita, orang-orang yang rentan karena memiliki penyakit dasar sebelumnya agar tidak tertular. Karena dampaknya akan menjadi semakin berat untuk mereka," ujar Yuri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x