HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

Jubir Corona: Ramadhan Sebentar Lagi, Mari Jaga Kampung Halaman dengan Tidak Mudik

Rabu, 1 April 2020 | 20:25 WIB
jubir-corona-ramadhan-sebentar-lagi-mari-jaga-kampung-halaman-dengan-tidak-mudik
Juru Bicara Pemerintah Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto kembali meminta para perantau untuk tidak pulang ke kampung halaman.

Hal ini guna mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas. Para perantau pun diminta untuk komitmen menjaga kampungnya tetap sehat.

"Kita tahu bahwa Ramadhan sebentar lagi kita akan hadapi. Sudah barang tentu bahwa kita rindu untuk bisa pulang kampung halaman," kata Yuri di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (1/4/2020).

Baca Juga: [FULL] Jokowi Minta Warga Tidak Mudik

"Namun, yang paling penting, mari kita jaga kampung halaman kita tetap sehat. Oleh karena itu, sebaiknya tidak melakukan perjalanan jauh, sebaiknya tidak melakukan mudik," lanjutnya.

Yuri menjelaskan bahwa virus corona dapat berpindah karena dibawa oleh manusia. Penularan terjadi karena droplet (percikan air liur) orang yang sakit berpindah ke orang yang sehat.

Oleh sebab itu, pergerakan manusia dalam jumlah banyak dari satu daerah ke daerah lain atau mudik sangat berisiko menularkan virus.

Editor : fadhilah

1
2



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
19:26
KUASAI BERAGAM TEKNIK “PUBLIC SPEAKING” BERSAMA RIKO ANGGARA. DAFTAR WEBINAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MEMINTA POLRI USUT DUGAAN SURAT JALAN DJOKO TJANDRA SECARA TERBUKA   BRIGJEN PRASETYO UTOMO DINILAI TELAH MENGELUARKAN SURAT JALAN UNTUK BURONAN KASUS BANK BALI DJOKO TJANDRA   KAPOLRI COPOT BRIGJEN PRASETYO UTOMO DARI JABATANNYA SEBAGAI KABIRO KOORDINASI & PENGAWASAN PPNS BARESKRIM POLRI   MENTERI EDHY PRABOWO: KAPAL IKAN ASING ILEGAL YANG TAK DITENGGELAMKAN DIHIBAHKAN KE KAMPUS PERIKANAN   POLISI TELAH PERIKSA 27 SAKSI TERKAIT KEMATIAN EDITOR METRO TV YODI PRABOWO    POLDA METRO JAYA TAMBAHKAN TIM BUSER USUT KASUS KEMATIAN EDITOR METRO TV YODI PRABOWO    BP2MI AKAN LAPOR KE BARESKRIM SOAL TEMUAN DUGAAN PENAMPUNGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA ILEGAL DI CILEUNGSI, BOGOR   BUPATI PONOROGO SEBUT "TRACING" KORONA DI DAERAHNYA TERHAMBAT KARENA ANTREAN UJI PCR MEMBELUDAK    PEMKAB PONOROGO, JATIM, TUNGGU HASIL 500 UJI PCR YANG BELUM KELUAR HASILNYA SEJAK PEKAN LALU   KOTA SAMARINDA BERLAKUKAN MARKAH JALAN "PHYSICAL DISTANCING" BAGI PENGENDARA SEPEDA MOTOR    PASAR PRAMUKA DI JAKTIM KEMBALI BEROPERASI SETELAH DITUTUP PADA 11-13 JULI 2020 KARENA KASUS POSITIF KORONA    DISHUB DKI JAKARTA: PEMERIKSAAN SURAT IZIN KELUAR MASUK ATAU SIKM SUDAH DITIADAKAN SEJAK KEMARIN    JUBIR PEMERINTAH ACHMAD YURIANTO: JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 47.859 ORANG