HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV bisnis kompas bisnis

Berantas Virus Corona, Pemerintah Siapkan Dana Extra

Rabu, 1 April 2020 | 13:20 WIB

JAKARTA, KOMPASTV – Sepi, bahkan cenderung tak ada pengunjung. Inilah kondisi salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Utara pasca imbauan untuk tetap di rumah digaungkan.
Pusat perbelanjaan pun mulai mengatur jam operasional dan memproyeksi omzet akan turun drastis.
 
Konsumsi selama ini jadi tulang punggung ekonomi Indonesia. Namun pandemi virus corona sudah bisa dipastikan akan memukul konsumsi.

Tahun lalu, konsumsi berkontribusi lebih dari 50 persen untuk pertumbuhan ekonomi. Jauh lebih tinggi dibanding konstribusi pembentukan modal tetap bruto dan ekspor barang dan jasa.

Bank Indonesia lewat survei penjualan eceran pun memproyeksi bulan Februari penjualan ritel akan melambat 1,9 persen. Sementara di Januari terkontraksi minus 0,3 persen.

Meski tanda perlambatan nyata, Kamar Dagang Indonesia menilai prioritas utama saat ini adalah memutus virus terlebih dahulu. Setelahnya barulah stimulus untuk merangsang ekonomi bisa dievaluasi.

Senada dengan kadin, asosiasi pengusaha Indonesia mendorong agar infrastruktur kesehatan ditingkatkan.

Lalu bagaimana masyarakat menanggapi kondisi ini? Waspada sudah pasti panik dijauhi. Masyarakat pun menantikan langkah pasti apa dari pemerintah untuk menanggulangi pandemi ini.

 Manusia harus jadi pilihan pertama saat ini. Awan kelabu ekonomi sudah pasti akan terjadi. Tapi untuk kondisi saat ini, ekonomi bisa dinomorduakan terlebih dulu. Karena tanpa manusia sehat sudah pasti ekonomi akan tambah sakit.

Editor : edika ipelona



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
11:58
SEBANYAK 16 TITIK POS FILTERISASI ARUS BALIK POLDA JATENG PUTAR BALIKAN 5.410 KENDARAAN KE DAERAH ASAL   POLDA METRO JAYA MENCATAT ADA 3.637 KENDARAAN YANG DIMINTA PUTAR BALIK SAAT ARUS BALIK   JUMLAH PELANGGARAN HARI KE-38 OPS KETUPAT 2020, 7.273 KENDARAAN DITILANG & MENDAPAT TEGURAN   HARI KE-38 OPS KETUPAT 2020, JUMLAH KENDARAAN PEMUDIK YANG DIMINTA PUTAR BALIK SEBANYAK 124.358 KENDARAAN   KORLANTAS: ADA 45.903 KENDARAAN YANG DIMINTA PUTAR BALIK SELAMA ARUS BALIK HARI KE-38 OPS KETUPAT 2020   BMKG MEMPREDIKSI SELURUH WILAYAH DKI JAKARTA CERAH BERAWAN SEPANJANG HARI INI   POLRES METRO BEKASI PASTIKAN PELAYANAN PERPANJANGAN SIM TETAP TERAPKAN PROTOKOL PENCEGAHAN COVID-19   POLRES METRO BEKASI KEMBALI BUKA PELAYANAN PERPANJANGAN SIM MULAI HARI INI   CALON PENUMPANG AKAN LEWATI "CHECK POINT" DI BANDARA BERUPA VERIFIKASI DOKUMEN HINGGA PEMERIKSAAN KESEHATAN   PENERAPAN "NEW NORMAL", PT ANGKASA PURA II IMBAU CALON PENUMPANG DATANG 3-4 JAM SEBELUM PENERBANGAN   NURHADI & REZKY BERSTATUS BURON SEJAK 13 FEBRUARI 2020 SETELAH BEBERAPA KALI MANGKIR DARI PANGGILAN KPK   NURHADI & REZKY MERUPAKAN TERSANGKA KASUS DUGAAN SUAP SERTA GRATIFIKASI TERKAIT PENANGANAN PERKARA DI MA   MANTAN SEKRETARIS MA NURHADI DITANGKAP SAAT KPK GELEDAH RUMAH DI KAWASAN SIMPRUG, JAKSEL   KPK TANGKAP MANTAN SEKRETARIS MA NURHADI & MENANTUNYA, REZKY HERBIYONO PADA 1 JUNI 2020