Kompas TV bisnis kompas bisnis

Berantas Virus Corona, Pemerintah Siapkan Dana Extra

Rabu, 1 April 2020 | 13:20 WIB

JAKARTA, KOMPASTV – Sepi, bahkan cenderung tak ada pengunjung. Inilah kondisi salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Utara pasca imbauan untuk tetap di rumah digaungkan.
Pusat perbelanjaan pun mulai mengatur jam operasional dan memproyeksi omzet akan turun drastis.
 
Konsumsi selama ini jadi tulang punggung ekonomi Indonesia. Namun pandemi virus corona sudah bisa dipastikan akan memukul konsumsi.

Tahun lalu, konsumsi berkontribusi lebih dari 50 persen untuk pertumbuhan ekonomi. Jauh lebih tinggi dibanding konstribusi pembentukan modal tetap bruto dan ekspor barang dan jasa.

Bank Indonesia lewat survei penjualan eceran pun memproyeksi bulan Februari penjualan ritel akan melambat 1,9 persen. Sementara di Januari terkontraksi minus 0,3 persen.

Meski tanda perlambatan nyata, Kamar Dagang Indonesia menilai prioritas utama saat ini adalah memutus virus terlebih dahulu. Setelahnya barulah stimulus untuk merangsang ekonomi bisa dievaluasi.

Senada dengan kadin, asosiasi pengusaha Indonesia mendorong agar infrastruktur kesehatan ditingkatkan.

Lalu bagaimana masyarakat menanggapi kondisi ini? Waspada sudah pasti panik dijauhi. Masyarakat pun menantikan langkah pasti apa dari pemerintah untuk menanggulangi pandemi ini.

 Manusia harus jadi pilihan pertama saat ini. Awan kelabu ekonomi sudah pasti akan terjadi. Tapi untuk kondisi saat ini, ekonomi bisa dinomorduakan terlebih dulu. Karena tanpa manusia sehat sudah pasti ekonomi akan tambah sakit.

Editor : edika ipelona



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:13
JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 42.070.215 POSITIF, 28.475.826 SEMBUH, 1.141.724 MENINGGAL DUNIA   KETUA MPR MINTA KEMENKES BERIKAN PERHATIAN LEBIH PADA KESELAMATAN TENAGA KESEHATAN   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO: SELURUH RAKYAT INDONESIA HARUS PEROLEH VAKSINASI KORONA   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL: HASIL SIMULASI DI DEPOK, VAKSINASI KORONA BUTUH WAKTU 45 MENIT PER ORANG   JUBIR PENANGANAN COVID-19 REISA BROTO ASMORO: KASUS AKTIF KORONA DI INDONESIA SAAT INI DALAM PERSENTASE KECIL   JUBIR PENANGANAN COVID-19 REISA BROTO ASMORO: KETERSEDIAAN OBAT PENANGANAN PASIEN KORONA MASIH AMAN   KEMENTERIAN PERTANIAN SEBUT UU CIPTA KERJA BERI KEMUDAHAN PETANI MEMULAI USAHA   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT BELUM ADA LONJAKAN KASUS KORONA DAMPAK DEMO UU CIPTA KERJA   PEMPROV DKI SEGERA EVALUASI USULAN PEMBONGKARAN TIANG PANCANG BEKAS PROYEK MONOREL DI JALAN RASUNA SAID & ASIA AFRIKA   DPRD DKI JAKARTA MINTA PEMPROV SEDIAKAN KANTONG BELANJA RAMAH LINGKUNGAN   LIBURAN PANJANG AKHIR OKTOBER, PT KAI TAMBAH PERJALANAN KERETA API HINGGA 13 PERSEN   KEMENPAREKRAF HARAP DANA HIBAH PARIWISATA 2020 BISA TINGKATKAN PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN   KEMENPAREKRAF TARGETKAN PENCAIRAN DANA HIBAH PARIWISATA DIMULAI NOVEMBER 2020   YLKI DORONG BPJS KESEHATAN SIAPKAN LAYANAN KESEHATAN BERBASIS DIGITAL