Kompas TV religi beranda islami

Kalam Hati - Mengharap Kematian Karena Ujian Hidup

Kompas.tv - 2 April 2020, 06:31 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Ada pertanyaan yang muncul dari Twitter dan dibacakan oleh Yasir kepada Kang Rashied dan Teman Hati mengenai apa hukumnya bagi seseorang yang berdoa ingin meninggal karena ujian hidupnya begitu berat? 

Dalam riwayat dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 “Janganlah seseorang mengharapkan kematian dan janganlah berdoa meminta mati sebelum datang waktunya.” (HR. Muslim no. 2682)

Dari dua hadits di atas dapat dipahami bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang berangan-angan mati dalam pikiran dan juga berdoa (dengan diucapkan) meminta kematian.

Kang Rashied menyadarkan bahwa hidup itu sesungguhnya adalah sebuah anugerah dan kekayaan maka itu dilarang untuk meminta kematian karena sebab ujian atau musibah saja.

Larangan mengharapkan kematian ini disebabkan karena menunjukkan keluh kesah terhadap musibah yang menimpa, serta tidak ridha dengan takdir Allah Ta’ala atau menentang takdir yang telah Allah Ta’ala tetapkan terhadap musibah yang dialami, baik berupa kemiskinan, kehilangan sesuatu yang berharga, penyakit tertentu yang parah, luka secara fisik, atau musibah-musibah lainnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x