Kompas TV olahraga kompas sport

10 Kiper Asing Ini Pernah Mentas di Liga Indonesia

Kompas.tv - 31 Maret 2020, 19:56 WIB
10-kiper-asing-ini-pernah-mentas-di-liga-indonesia
Yoo Jae-hoon saat masih membela Persipura Jayapura. (Sumber: instagram@pace_yoojaehoon)
Penulis : Haryo Jati

KOMPAS.TV - Indonesia memiliki sejumlah pemain asing dengan kualitas mumpuni. Namun, kebanyakan berposisi sebagai pemain outfield.

Hanya sedikit pemain asing yang berposisi sebagai kiper. Bahkan pada musim ini, tak satu pun klub yang menggunakan jasa kiper asing.

Terakhir kali, kiper asing yang bermain di klub Liga 1 adalah Srdan Ostojic yang sempat memperkuat Arema FC pada kompetisi 2018 lalu.

Berikut ini adalah 10 kiper asing yang pernah memperkuat klub Indonesia.

1. Daryl Sinerine

Kiper asal Trinidad & Tobago, Daryl Sinerine bergabung dengan Petrokimia Gresik pada Liga Indonesia pertama, musim 1994/1995. Dia merupakan pionir kiper asing di Liga Indonesia setelah kompetisi Perserikatan dan Galatama digabung.

Dengan Daryl di bawah mistar gawang, Petrokimia yang juga diperkuat Jacksen F Tiago mampu melaju hingga babak final. Sayang di partai  puncak, tim besutan Andi Teguh itu ditaklukkan Persib Bandung.

2. Mbeng Jean

Kiper asal Kamerun ini bergabung bersama Persija Jakarta sejak 1997. Dia pun menjadi andalan Macan Kemayoran saat menjuarau Liga Indonesia 2001.

Namun, perannya di Persija sempat mendapatkan ganjalan. Posisinya saat Persija ditangani Ivan Kolev, kerap diganggu oleh M. Halim. Namun, kemudian dia mampu membuktikan diri.

Selain Persija, Mbeng Jean juga sempat memperkuat Persebaya Surabaya dan PSPS Pekanbaru.

3. Mariusz Mucharski

Mariusz Mucharski merupakan satu dari tiga pemain Polandia yang dibawa pelatih Marek Sledzianowski ke Persib pada 2003. Kala itu Mucharski datang bersama Piotr Orlinski dan Maciej Dolega.

Performa kiper bertinggi dua meter itu sebenarnya tampil cukup apik, tapi sayangnya performa Persib yang inkonsisten membuat Mucharski beserta koleganya didepak sebelum musim berakhir.

Mucharski sendiri saat ini sudah pensiun sebagai pemain dan menjadi pelatih kiper untuk klub lokal Polandia, Wisla Plock.

4. Sergio Vargas

Pada musim 2004, PSM Makassar mendatangkan kiper gaek asal Chile, Sergio Vargas. Dia bergabung saat berusia 39 tahun.

Vargas merupakan mantan pemain timnas Chile dan sempat memperkuat negara tersebut pada Copa America 2001. Vargas sendiri sebelumnya merupakan mantan bintang klub Argentina Independiente, serta klub lokal Chile, Universidad de Chile.

Saat masih bersama Independiente, Vargas menjuarai Piala Toyota 1984 usai mengalahkan Liverpool, yang kala itu diperkuat Kenny Dalglish, Ian Rush dan Ronnie Whelan, dengan skor 1-0. .



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x