Kompas TV nasional sapa indonesia

Tanya-Jawab Covid-19 : Jika Terdapat Tanda-Tanda Gejala Covid-19, Apa Yang Harus Dilakukan?

Kompas.tv - 31 Maret 2020, 12:50 WIB

KOMPAS.TV - Apakah anda sudah mengetahui pasti tentang virus Corona atau covid-19?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Adityo Susilo yang juga merupakan anggota Ikatan Dokter Indonesia akan membantu tim Kompas TV untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar Virus Corona.

Terkait tanda spesifik bagi yang ODP menjadi PDP dan suspect menjadi pasien positif, dr. Adityo menyebutkan gejala yang paling spesifik ialah saat adanya demam tinggi diatas 38 derajat, kemudian ditandai dengan sesak napas dan batuk.

Antara suspect menjadi positif hanya bisa dilihat dari laboratorium melalui Polymerase Chain Reaction (PCR).

Bila merasakan ada gejala tersebut, yang bersangkutan harus segera memeriksakan diri ke tenaga medis baik di puskesmas ataupun rumah sakit setempat yang nantinya akan diberikan surat rujukan untuk diberikan perawatan di rumah sakit yang lebih memadai (biasanya adalah rumah sakit rujukan dari pemerintah seperti RSUD setempat)

Adapun perawatan dan isolasi tersebut dilakukan selama 14 hari atau 2 pekan. 

Virus ini tidak mengenal siapapun baik itu status dan usia. Jadi baik itu perempuan atau laki-laki, kondisi hamil atau tidak, semuanya memiliki potensi yang sama untuk terinfeksi.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.