HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Tanya-Jawab Covid-19 : Apa Gejala Spesifik Dari ODP Yang Kemudian Menjadi PDP dan Positif Corona?

Selasa, 31 Maret 2020 | 12:25 WIB

KOMPAS.TV - Apakah anda sudah mengetahui pasti tentang virus Corona atau Covid-19?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Adityo Susilo yang juga merupakan anggota Ikatan Dokter Indonesia akan membantu tim Kompas TV untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar Virus Corona.

Terkait tanda spesifik bagi yang ODP menjadi PDP dan suspect menjadi pasien positif, dr. Adityo menyebutkan gejala yang paling spesifik ialah saat adanya demam tinggi diatas 38 derajat, kemudian ditandai dengan sesak napas dan batuk.

Antara pasien yang masih suspect menjadi pasien yang positif corona hanya bisa dilihat dari laboratorium melalui Polymerase Chain Reaction (PCR), gejala spesifiknya sama yakni demam tinggi yang ditandai dengan batuk dan sesak napas yang tak kunjung membaik. 

Selain itu, pasien positif corona yang meninggal tetap memikiki potensi untuk menularkan virus nya sehingga ada protokol khusus bagi jenazah yang terinfeksi corona.

Virus ini tidak mengenal siapapun baik itu status dan usia. Jadi, baik perempuan atau laki-laki, kondisi hamil atau tidak, semuanya memiliki potensi yang sama untuk terinfeksi.


 

Editor : Anjani Nur Permatasari



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
16:57
ATLET BADMINTON DUNIA LIN DAN MENYATAKAN PENSIUN MELALUI AKUN MEDIA SOSIAL   BPBD: SEBANYAK 9.415 WARGA MENGUNGSI AKIBAT BANJIR BANDANG YANG MELANDA PROVINSI GORONTALO    FORUM REKTOR INDONESIA MINTA PEMERINTAH TANGGUNG BIAYA INTERNET MAHASISWA & DOSEN DALAM PERKULIAHAN DARING   FSGI: PPDB MELALUI ZONASI BINA RW BERPOTENSI MUNCULKAN MASALAH BARU KARENA SEBARAN SEKOLAH TAK MERATA    FEDERASI SERIKAT GURU INDONESIA (FSGI) KRITIK PPDB JAKARTA MELALUI JALUR BINA RW YANG DIBUKA HARI INI   PRESIDEN JOKOWI MENGAJAK SELURUH PERGURUAN TINGGI LEBIH AKTIF BEKERJA SAMA DENGAN SEKTOR INDUSTRI   PRESIDEN JOKOWI MINTA SEMUA PERGURUAN TINGGI BERI PERHATIAN BESAR TERHADAP KESEHATAN MENTAL & FISIK MAHASISWA    PRESIDEN JOKOWI OPTIMITIS INDONESIA BISA JADI NEGARA BERPENGHASILAN TINGGI PADA 2045   PRESIDEN JOKOWI APRESIASI KENAIKAN PERINGKAT INDONESIA JADI NEGARA BERPENGHASILAN MENENGAH KE ATAS   WHO MEMINTA NEGARA-NEGARA TAK ABAIKAN DATA COVID-19   WAGUB AHMAD RIZA PATRIA: PEMPROV DKI GENCAR LAKUKAN TES COVID-19 DAN TELAH LAMPAUI STANDAR WHO   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT PENGUNJUNG MAL DI JAKARTA SAAT PSBB TRANSISI HANYA 20 HINGGA 30 PERSEN   PIMPINAN DPR AKAN PANGGIL ANGGOTA KOMISI VII YANG MINTA DILIBATKAN DALAM PENYALURAN DANA CSR BUMN   MERAWAT INGATAN LEWAT CERITA BERSAMA KURATOR CERPEN KOMPAS. DAFTAR WEBINAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID