HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Sembuh Lawan Corona, Christina: Ini Bukan Virus Sederhana, Merusak Fisik dan Mental

Senin, 30 Maret 2020 | 23:07 WIB

SURBAYA, KOMPAS.TV - Christina Agustin, warga Surabaya, Jawa Timur ini akhirnya sembuh dari virus corona (Covid-19).

Sebelumnya pada 11 Maret lalu, Christina dinyatakan positif terpapar Covid-19 setelah sempat mengalami demam tinggi.

Christina sempat dirawat di Rumah Sakit Mitra Keluarga Surabaya.

Saat itu, pernapasannya sudah tak seperti biasa.

"Beberapa hari saya dirawat di RS Mitra Keluarga. Waktu itu napas saya sudah lemas. Dada kanan warnanya abu-abu sudah bisa sembuh karena terapi. Lalu yang kiri memburuk berbentuk embun dan menutup" kata Christina.

Christina kemudian menjalani tes swab tenggorokan dan hidung di RS Unair pada 11 Maret 2020.

Ia pun harus menjalani perawatan selama 8 hari di RSUD dr. Soetomo.

Christina setiap hari merasakan sakit dan hanya berteman dengan peralatan medis di ruang isolasi.

"Saya tahu saat dimasukkan ke ruang isolasi khusus. Dengan kondisi lemas bernapas pun sudah tidak sampai, oksigen tidak maksimal," kata dia.

Selama menjalani perawatan, Christina mengaku dimotivasi oleh dokter dan perawat untuk menguatkan imunitas tubuhnya agar sembuh dari Covid-19.

"Ibu harus sembuh, Ibu sehat, karena hanya Ibu yang bisa membantu diri Ibu sendiri, imun Ibu yang membentengi Ibu sendiri. Itu kata dokter pada saya. Tidak pernah sama sekali dokter dan perawat bilang pada saya tentang virus," kata dia.

Betapa gembiranya Christina lantaran di hari ke-8 ia akhirnya diperbolehkan bertemu dengan suaminya.

Saat itu pula dokter menyatakan Christina sudah dinyatakan negatif Covid-19.

"Dokter bilang itu pada suami saya kalau saya sudah kembali sehat. Saya dinyatakan negatif Covid-19," papar Christina.

Christina pun menghimbau agar masyarakat Indonesia tetap patuh dengan anjuran pemerintah agar tidak terpapar virus corona.

Christina merupakan satu dari 6 warga Surabaya yang dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Kini ia telah dinyatakan sembuh dari virus corona setelah dua kali menjalani tes Covid-19.

Editor : Reny Mardika



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
10:39
SEKDA PROVINSI JATIM HERU TJAHJONO: PSBB SURABAYA RAYA DIPERPANJANG HINGGA 8 JUNI 2020   BUPATI BENER MERIAH, ACEH, SARKAWI, AJUKAN PENGUNDURAN DIRI UNTUK FOKUS PENGOBATAN DAN PEMULIHAN PENYAKITNYA   BUPATI BENER MERIAH, ACEH, SARKAWI, AJUKAN SURAT PENGUNDURAN DIRI LANGSUNG KE MENDAGRI   DITLANTAS POLDA METRO JAYA TIADAKAN KEBIJAKAN GANJIL-GENAP DI JAKARTA HINGGA 4 JUNI 2020   DITLANTAS POLDA METRO JAYA PERKETAT "CHECK POINT" PSBB CEGAH MASYARAKAT DARI LUAR DAERAH KE JAKARTA   HARI INI, JADWAL COMMUTER LINE KEMBALI IKUTI ATURAN PSBB   10 TITIK POS PENYEKATAN POLDA JATENG TELAH PUTAR BALIKKAN 5.267 KENDARAAN YANG AKAN MUDIK   DITLANTAS POLDA METRO JAYA MENCATAT ADA 417 KENDARAAN UMUM YANG DISITA KARENA TIDAK MEMPUNYAI IZIN TRAYEK/ILEGAL   KORLANTAS CATAT 31 HARI OPERASI KETUPAT 2020 TELAH PUTAR BALIKAN 78.455 KENDARAAN YANG NEKAT MUDIK   WAGUB KALTENG HABIB SAID ISMAIL MENGUNDURKAN DIRI DARI BAKAL CAWAGUB DI PILGUB BERIKUTNYA   PEMERINTAH KOTA WUHAN, TIONGKOK, MEMUTUSKAN UNTUK MELARANG SEMUA PERDAGANGAN DAN MAKAN HEWAN LIAR    WHO DAN UNICEF SEBUT 80 JUTA ANAK DI DUNIA TERANCAM AKIBAT PROGRAM IMUNISASI TERGANGGU KARENA PANDEMI KORONA   PEMKAB GORONTALO UTARA GELAR RAZIA KTP TERHADAP PENDATANG GUNA CEGAH PENYEBARAN KORONA   POLDA JAWA BARAT BERLAKUKAN PENYEKATAN ARUS BALIK KE JAKARTA