Kompas TV nasional aiman

Corona, Situasi Dunia, & Kondisi Indonesia - AIMAN (Bag1)

Kompas.tv - 30 Maret 2020, 22:34 WIB

Pertengahan Maret 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah virus Corona (coronavirus/Covid-19) sebagai pandemi global. Ini karena penyebarannya sangat masif ke lebih dari 300.000 orang di 170 negara. Nyaris seluruh dunia dilanda virus Corona, bahkan ke sejumlah negara raksasa yang selama ini jadi penguasa dunia.

Amerika Serikat (AS), yang kini menempati urutan ketiga terdampak Corona setelah Tiongkok dan Italia, memang belum menerapkan “lockdown” nasional. Namun, AS sudah menutup penerbangan dari dan ke Eropa. Social-distancing juga dikampanyekan pemerintahan Donald Trump.

Di ASEAN, baru Malaysia yang menerapkan “lockdown” untuk meredam virus Corona. Ada 624 peserta tabligh akbar yang tertular, termasuk WNI, sebagai kasus teranyar di Kuala Lumpur, Malaysia. Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, meminta masyarakat patuh pada kebijakan “lockdown”. Sanksi tegas akan diambil bagi pelanggar. Sementara, Singapura menutup perbatasan untuk turis dan pendatang jangka pendek. Menteri Kesehatan Singapura menyatakan negaranya hanya mengizinkan pemegang izin kerja serta dan tanggungan mereka yang bisa kembali ke Singapura, jika mereka bekerja di sektor layanan penting seperti perawatan kesehatan dan transportasi.

Jurnalis KompasTV, Aiman Witjaksono, berbincang jarak jauh melalui Skype bersama Kordinator Media Tim KawalCovid19.id Elina Ciptadi, untuk mengetahui kebijakan pemerintah Singapura saat wabah virus Corona menyerang.

Saksikan Aiman episode Corona, Situasi Dunia, dan Kondisi Indonesia bagian pertama, berikut ini.

 

#Aiman #Corona #VirusCorona



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x