Kompas TV nasional aiman

Macam Cara Amerika Serikat dan Korea Cegah Corona - AIMAN (Bag3)

Kompas.tv - 30 Maret 2020, 22:01 WIB

Bagaimana kondisi dunia menghadapi virus Corona? Jurnalis KompasTV, Aiman Witjaksono, berbincang jarak jauh dengan para pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri, yaitu Fitria Andayani di Missouri, Amerika Serikat, dan Galih Ramadhan di Busan, Korea Selatan.

Di Amerika Serikat, warga masih berkegiatan di luar ruangan, meski angka kasus Corona di negara tersebut mengalami lonjakan signifikan. Di negara bagian Florida, misalnya, pantai-pantainya masih dikerumuni pengunjung dalam rangka menikmati liburan musim semi. Kegiatan ini sempat memicu pertikaian dengan kepolisian setempat, yang berujung pada pengusiran paksa. Meskipun demikian, di negara bagian seperti New York dan Washington, mulai menutup tempat atau toko non-esensial, kecuali tempat makan dan apotik.

Berbeda lagi dengan Korea Selatan. Setelah sempat terjadi kepanikan di bulan Februari, pemerintah Korea Selatan melancarkan metode tes virus corona masif berbentuk drive-thru di tempat menyerupai bilik telepon. Diketahui, warga Korea Selatan melakukan kegiatan isolasi diri, selaras dengan imbauan pemerintah Korea Selatan. Tidak hanya itu, pemerintah Korea Selatan mengedepankan transparansi terkait jejak penyebaran virus Corona, serta memberikan menyiapkan hand sanitizer di banyak tempat. Lantas, apakah masih ada yang ‘nekat’ menjalani aktivitas luar rumah?

Saksikan Aiman episode Corona, Situasi Dunia, dan Kondisi Indonesia bagian ketiga, berikut ini.

 

#Aiman #Corona $VirusCorona



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x