Kompas TV nasional berita kompas tv

Jokowi: Imbauan Tidak Cukup, Perlu Langkah Tegas Memutus Penyebaran Covid-19!

Kompas.tv - 30 Maret 2020, 17:05 WIB
jokowi-imbauan-tidak-cukup-perlu-langkah-tegas-memutus-penyebaran-covid-19
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat konferensi pers (konpers) tentang penanganan virus corona di Istana Bogor, Senin (16/3/2020) (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Deni Muliya

BOGOR, KOMPAS.TV - Mudik Ketika jelang hari raya Idul Fitri atau Lebaran merupakan tradisi yang melibatkan mobilitas orang sangat banyak di Indonesia. 

Sebagai gambaran, pada tahun 2019 terjadi pergerakan kurang lebih 19,5 juta orang ke seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Sebut Ada 14.000 Orang Mudik 8 Hari Terakhir Ini

Saat memimpin rapat terbatas melalui telekonferensi bersama jajarannya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebutkan bahwa di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, mobilitas orang sebesar itu sangat berisiko memperluas penyebaran Covid-19.

"Bahkan laporan yang saya terima dari Gubernur Jawa Tengah, Gubernur DIY, pergerakan arus mudik sudah terjadi lebih awal dari biasanya," kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, dalam keterangan rilisnya yang diterima Kompas TV, Senin, (30/3/2020).

Sejak penetapan tanggap darurat di DKI Jakarta, lanjut Jokowi, telah terjadi percepatan arus mudik terutama dari para pekerja informal di Jabodetabek menuju ke Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur.  

Selama 8 hari terakhir ini tercatat ada 876 armada bus antarprovinsi yang membawa kurang lebih 14.000 penumpang dari Jabodetabek ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY. 

"Ini belum dihitung arus mudik dini yang menggunakan transportasi massal lainnya, misalnya kereta api maupun kapal, dan angkutan udara, serta menggunakan mobil pribadi," imbuhnya.

Karena itu, Jokowi menekankan beberapa hal, yaitu pertama, fokus pemerintah saat ini adalah mencegah meluasnya Covid-19 dengan mengurangi atau membatasi pergerakan orang dari satu tempat ke tempat yang lain.

Kedua, demi keselamatan bersama, Presiden Jokowi juga meminta dilakukan langkah-langkah yang lebih tegas untuk mencegah terjadinya pergerakan orang ke daerah. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x